Warga Gelar Ritual Mandi Safar Rebo Bontong di Pantai Cemare

Kawasan pantai Cemare Desa Lembar Selatan kecamatan Lembar, Lobar, dipadati pengunjung yang melakukan ritual Mandi Safar Rebo Bontong, Rabu, 6 Oktober 2021.(Suara NTB/her)

Ribuan warga dari berbagai daerah di pulau Lombok memadati sejumlah kawasan pantai di Lombok Barat (Lobar), Rabu, 6 Oktober 2021. Seperti di pantai Cemare kecamatan Lembar dan pantai Kuranji kecamatan Labuapi. Warga turun mandi ke pantai untuk melaksanakan mandi safar yang merupakan bagian ritual Rebo Bontong.

DARI pantauan media di pantai Cemare, para pengunjung yang datang untuk mandi tidak hanya datang sendirian. Ada juga yang datang bersama pasangan. Bahkan ada juga yang membawa semua anggota keluarganya. Mereka semua tumpah ruah menyemut di bibir pantai Kuranji. Lengkap dengan bekal makanan yang dibawa dari rumah.

Iklan

Salah seorang warga yang mengaku mengatakan kegiatan mandi Rebo Bontong memang sudah menjadi tradisi turun-temurun masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya. Selain itu, ia dan sebagian besar masyarakat di lingkungannya percaya kalau dengan mandi Rebo Bontong bisa menghilangkan penyakit yang ada di badan.“Kita mandi aja. Katanya sih bisa menghilangkan penyakit,” ujar salah seorang pengunjung.

Salah seorang pengelola tempat wisata pantai Cemare Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Mus’ab menuturkan warga ramai berdatangan ke pantai sejak pagi. “Mereka mandi Safar Rebo Bontong. Mereka berasal dari berbagai daerah di Lombok,” jelas dia. Bahkan karena pengunjung terlalu berjubel, tepaksa diurai diarahkan ke beberapa lokasi. Seperti Cemare Indah, Ayunan Sunset dan Sunset Poin.

Diakui, hampir semua titik pantai Cemare ramai. Karena pengunjung tidak saja dari Lobar, namun dari berbagai daerah di Lombok. Ditanya soal kondisi jalan masuk dan menuju pantai Cemare, sejauh ini belum diperbaiki. “Baru rencana tapi belum pasti kapan dimulai penanganannya,” ujarnya. Pihaknya sangat berharap ditangani segera, karena kondisi jalan sangat parah. Sebab bagiamana pun daerah itu punya potensi besar.

Ia berharap kawasan wisata bagian selatan seperti Lembar dan Sekotong bisa dibenahi serius. “Karena baik itu di Sekotong dan Lembar sangat besar potensi dari sisi wisata bahari. Kami berharap kawasan wisata Lembar dan Sekotong serius dibenahi,” imbuh dia. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional