Walikota Soroti Kinerja Dishub

Seorang juru parkir di Kawasan Bisnis Cakranegara mengatur kendaraan pada Senin, 18 Oktober 2021. Target retribusi parkir tepi jalan umum belum terserap maksimal. Dinas Perhubungan pun diminta memaksimalkan potensi yang belum terserap. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana menyoroti kinerja Dinas Perhubungan. Pasalnya, realisasi retribusi parkir sangat rendah. Pendekatan serta inovasi dibutuhkan untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir. “Dishub ini harus ada pendekatan konkret dan efektif menggenjot pendapatan daerah,” tegas Mohan dikonfirmasi, Senin, 18 Oktober 2021.

Dari target Rp18,5 miliar tahun ini, capaian baru mencapai Rp 1,7 miliar atau sekitar 9 persen lebih. Realisasi ini menurut Mohan, sangat jauh. Karena ukuran kinerja Dishub tidak saja diukur dari pengelolaan manajemen traffic dan lalu lintas, tetapi capaian retribusi parkir tepi jalan umum juga penting.

Iklan

Keluhan terhadap minimnya anggaran dinilai bukan menjadi penghambat kerja dari organisasi perangkat daerah. “Kalaupun anggaran dipenuhi pasti tidak ada menyelesaikan masalah. Ada saja masalah lain yang muncul,” ucapnya.

Mohan melihat banyak potensi – potensi parkir di Kota Mataram belum digarap secara maksimal. Pengelolaan masih dikelola di luar pemerintah. Potensi ini harus dikelola maksimal, sehingga menambah serapan pendapatan asli daerah.

Karena ini tambahnya, Dishub harus melakukan pendekatan – pendeketan terhadap sektor yang memiliki kontribusi untuk menggenjot PAD. “Kantong parkir masih banyak dikelola di luar pemerintah,” sebutnya.

Walikota tidak saja menyoroti atau fokus terhadap capaian kinerja Dishub. Akan tetapi, organisasi perangkat daerah (OPD) teknis lainnya juga harus berusaha memaksimalkan potensi PAD sesuai tugas dan pokok masing – masing.

Sejauh ini, terjadi pelambatan yang cukup signifikan terhadap penyerapan retribusi maupun pajak daerah. Karena itu, OPD teknis harus ada kreativitas dan inovasi, agar potensi yang ada terserap maksimal. “Saya kira bukan Dishub saja. Tetapi OPD lain juga perlu memaksimalkan diri,” tandasnya. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional