Walikota Minta Jalur “Bypass” Gajah Mada-BIL Bebas Reklame

Mataram (Suara NTB) Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh meminta agar kawasan jalan bypass Gajah Mada-Bandara Internasional Lombok (BIL) bebas dari reklame. Begitu juga dengan di sekitar bundaran di tengah jalan yang menghubungkan Jalan Gajah Mada-BIL.

Demikian disampaikan Walikota saat memantau bundaran tersebut, Selasa, 26 Juli 2016 siang. “Saya minta itu disterilkan dari reklame, tidak boleh sepanjang jalan ini dan sekitar bundaran ini,” jelasnya.

Iklan

Reklame atau bando jalan yang akan diizinkan pihaknya hanya milik Pemkot Mataram untuk berbagai kepentingan seperti ucapan selamat datang untuk tamu-tamu penting. Selain sambutan selamat datang, baliho yang diperbolehkan adalah bahan sosialisasi program-program pemerintah.

“Yang lainnya nggak boleh ada di sini. Steril, ndak ada itu bando di tengah jalan,” ujarnya. Menurut Ahyar, pemandangan yang ada di jalan baru tersebut sangat indah. Menghadap ke selatan, terbentang kawasan persawahan dan pegunungan. Jika ada baliho besar di tengah jalan maka akan menghalangi pemandangan indah tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertamanan Kota Mataram, H. M. Kemal Islam menyampaikan ke depan pihaknya hanya akan memasang reklame pemerintah di kawasan bundaran. “Tidak ada reklame-reklame swasta yang akan kita berikan izin,” ujarnya.

Kebijakan ini sebagai upaya pihaknya dalam menjaga keindahan kota. Pembatasan reklame ini disampaikan Kemal tidak akan menurunkan PAD Kota Mataram karena pihaknya berencana menaikkan pajak reklame sampai dua ratus persen.

“Kita perkecil (jumlah) reklame ini tapi harganya kita naikkan,” ujarnya. Tarif reklame di Mataram sangat murah jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya seperti Lombok Barat dan Lombok Timur. Hal inilah yang  menyebabkan maraknya reklame di Kota Mataram.

Rencana kenaikan tarif reklame dan pembatasan ini akan dibicarakan selanjutnya dengan DPRD Kota Mataram. Selain di bypass dan bundaran Gajah Mada, beberapa jalan lainnya yang akan dibatasi reklame adalah Jalan Bung Hatta. (ynt)