Walikota Minta DLH Serius Tangani Masalah Sampah

Muhammad Lutfi. (Suara NTB/Dok)

Kota Bima (Suara NTB) – Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi SE meminta jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima, agar serius menangani masalah persampahan serta memberikan contoh kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Lutfi mengaku ingin kinerja DLH lebih dioptimalkan lagi kedepannya dengan memprioritaskan penanganan sampah. Sebab kata dia, DLH merupakan ujung tombak pelayanan masyarakat khususnya di bidang pertamanan dan persampahan.

Iklan

“Sebuah Kota bisa dinyatakan Kota, kalau kondisinya benar-benar bersih, Ini yang harus diperkuat oleh DLH kedepannya,” ucapnya akhir pekan kemarin.

Disamping itu, Lutfi juga meminta agar semua pihak ikut terlibat, tanpa terkecuali ASN, untuk terjun ke wilayah binaannya masing-masing dan menjadi contoh bagi masyarakat dalam menjaga kebersihan. Tetap pro aktif dan berpartisipasi melaksanakan gotong royong membersihkan sampah bersama masyarakat.

“Selain itu nengecek saluran-saluran yang mampet untuk dibersihkan sehingga akan mengantisipasi banjir ke depannya,” ujarnya.

Ia berharap DLH juga memberikan edukasi serta sosialisasi tentang sanksi membuang sampah sembarang yang tertuang dalam Perda Kota Bima Nomor 3 Tahun 2018. Sebab pemahaman tentang sanksi yang diberikan kepada pelaku pembuang sampah sembarang itu masih sangat minim.

“Sanksi tentang membuang sampah yang tertuang dalam Perda, masih kurang dimengerti oleh masyarakat. Perlu disosialisasikan terus agar warga sadar tentang sanksi membuang sampah sembarangan,” harapnya.

Selain itu, Lutfi meminta DLH bernovasif, tidak hanya fokus pada menangani masalah sampah, namun juga menjaga lingkungan, seperti menjaga pegunungan dari pengerusakan dan melakukan penanaman yang berkesinambungan.

“Disamping membersihkan persampahan, kita juga menjaga lingkungan hidup kita. Kalau bisa di DLH menyediakan tanaman yang bisa melindungi,” pungkasnya. (uki)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional