Waktu Tersisa Tinggal Dua Bulan, Pemprov Optimis Pembangunan 17.314 RTG Tuntas Serentak Akhir April

Zainal Abidin (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pembangunan Rumah Tahan Gempa (RTG) tahap kedua sebanyak 17.314 unit di tujuh kabupaten/kota di NTB, waktunya tersisa tinggal dua bulan. Namun, Pemprov NTB melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tetap optimis pembangunan rumah bagi korban gempa 2018 tersebut akan dapat tuntas secara serentak, April mendatang.

‘’Insya Allah bisa tuntas April. Sekarang progresnya sedang berjalan di lapangan. Sekarang ini lagi berprogres semua,’’ kata Kepala Pelaksana BPBD NTB, Ir. Zainal Abidin, M. Si., dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 2 Maret 2021.

Iklan

Zainal mengatakan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mentransfer dana untuk pembangunan 17.314 RTG ke perbankan. Yang selanjutnya, sudah ditransfer ke rekening masyarakat penerima bantuan pembangunan RTG.

Jumlah RTG yang akan dibangun untuk tahap kedua sebanyak 17.314 unit dengan kebutuhan anggaran sebesar Rp557,365 miliar. Dengan rincian, rusak berat 8.556 unit, rusak sedang 2.799 unit dan rusak ringan 5.959 unit.

Untuk rumah rusak berat membutuhkan anggaran Rp427,8 miliar, rusak sedang Rp69,975 miliar dan rusak ringan Rp59,59 miliar. ‘’Kalau dari pusat sudah semua dananya ditransfer. Dalam jangka waktu dua bulan ini, kita percepat pembangunannya,’’ kata Zainal.

Mantan Penjabat Sementara Bupati Sumbawa ini menjelaskan fasilitator sedang bekerja di lapangan. Begitu juga aplikator, juga sedang bekerja. Untuk melakukan percepatan pembangunan, alikator dibagi dalam setiap zona.

“Aplikator itu kita bagi dalam zona. Sehingga semuanya bisa bergerak. Satu aplikator yang sebelumnya memborong beberapa tempat, sekarang tidak lagi. Biar nanti selesainya serempak,” tandasnya.

Zainal mengatakan pembangunan belasan ribu RTG tersebut akan bisa tuntas akhir April. Karena sebagian besar merupakan rumah rusak ringan dan rusak sedang. Sedangkan rumah yang rusak berat tidak terlalu banyak dibandingkan rusak sedang dan ringan.

Ditanya kabupaten/kota yang prioritas untuk percepatan pembangunan RTG. Zainal mengatakan semua daerah yang terdampak bencana gempa 2018 tersebut prioritas.”Semua daerah diatensi, semuanya harus selesai serempak bulan empat,” tandasnya. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional