Wakapolri Dukung Polda NTB Amankan Sirkuit Mandalika

Gatot Eddy Pramono (Suara NTB/ars)

Mataram (Suara NTB) – Wakapolri, Komjen Pol. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si sudah mendapat gambaran tentang potensi besar pariwisata NTB, khususnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.  Dalam kawasan itu akan ada even besar perhelatan MotoGP. Pihaknya akan ambil bagian dalam proses pengamanan even otomotif  internasional itu.

“Kapolda NTB sudah sampaikan, tahun depan akan ada MotoGP. Tentu sudah disiapkan personel pengamanan, infrastruktur apa saja. Nah, nanti Mabes Polri akan siapkan infrastruktur apa yang dibutuhkan,” kata Wakapolri menjawab Suara NTB usai menutup kegiatan Tanwir ke XXVIII Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Hotel Santika Mataram, Sabtu, 8 Februari 2020.

Iklan

Wakapolri yakin perhelatan ini akan lancar, sukses dan aman, karena menurutnya belum ada gangguan keamanan yang menonjol di NTB.

Sejauh ini ia yakin yang dilakukan Polda NTB sudah ada maksimal. Dilihatnya, Kapolda NTB Irjen Pol. Tomsi Tohir sudah melakukan langkah antisipasi dengan mengidentifikasi potensi kerawanan yang muncul. Ia ingatkan, agar setelah identifikasi ini, dilakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan yang akan muncul.

“Cara bertindak, preemtif dan pencegahan. Saya yakin Kapolda sudah lakukan itu,” ujar mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Sementara pihaknya di Mabes Polri, siap membantu memenuhi kebutuhan personel dan infrastruktur sampai peralatan yang dibutuhkan.

Perhelatan besar MotoGP yang akan hadirkan pembalap pembalap dunia, membutuhkan pengamanan ekstra, sehingga penting menurut Wakapolri agar Kapolda NTB melakukan pemetaan risiko keamanan dan kerawanan yang berpotensi muncul.

“Lakukan maping dan cara bertindak, kuratif  dan pencegahan. Kapolda  memang cerita tadi, tahun depan ada MotoGP, siapkan personel yang akan amankan, infrastruktur apa yang dibutuhkan, nanti Mabes akan siapkan apa yang dibutuhkan itu,” ujarnya.

Sementara ini semua persiapan dan proses pengamanan itu masih ditangani sepenuhnya oleh Polda NTB. Semakin diyakininya kemampuan bawahannya di Polda NTB, karena sinergi yang baik dengan Korem 162/WB untuk menjamin kondusifitas daerah. Belum lagi dukungan penuh dari Pemda dan masyarakat.

“Ini menurut saya kolaborasi yang sangat baik untuk menyambut MotoGP,” tandasnya. Tapi ia sangat yakin soal kondusifitas NTB dan  Lombok khususnya. Masyarakat sudah sangat siap menyambut even besar itu dengan sama sama menjaga keamanan. (ars)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here