Wagub Tekankan Konsistensi Tangani Sektor Kesehatan

Wagub NTB, Sitti Rohmi Djalillah, menyerahkan bantuan ventilator dan alat kesehatan lainnya ke RSUD dr. R. Soedjono Selong, Jumat (23/10).(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah.,M.Pd, menekankan bahwa penanganan sektor kesehatan tidak semudah membalik telapak tangan. Pasalnya, faktor kesehatan bersentuhan langsung dengan karakter dan kesadaran masyarakat. Untuk itu, dibutuhkan kesungguhan dan konsistensi dalam penanganan sektor kesehatan ini.

Demikian disampaikan Wagub dalam acara penyerahan bantuan ventilator, masker dan sarpras lainnya di RSUD dr. R. Soedjono Selong, Jumat, 23 Oktober 2020. Dikatakannya, berbicara masalah kesehatan harus d ari hulu ke hilir. Maka selain menangani persoalan di hilir, di sektor hulu betul-betul diperkuat.

Iklan

Maka dari itu, dibutuhkan juga sinergitas antar pihak untuk mewujudkan kesehatan di NTB karena berjuang di bidang kesehatan tidak mudah. Melainkan butuh waktu dan konsistensi dan sungguh-sungguh. Maka dari itu, ia berpesan kepada pihak-pihak terkait untuk tetap semangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Mari kita sama-sama konsisten memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Antara Pemprov dan Pemkab terus memperkuat sinergitas,” pesannya.

Wagub menambahkan, beberapa terobosan dari Pemprov NTB di bidang kesehatan berupa diluncurkannya Posyandu keluarga yang sudah dilaunching di kabupaten/kota termasuk di Kabupaten Lotim. Dari Posyandu keluarga ini, masalah kesehatan dari hulu ke hilir dapat tertangani dengan baik dengan lahirnya generasi dan masyarakat yang sehat.

Nantinya di Posyandu keluarga ini setiap bulan secara rutin masyarakat memeriksakan kesehatannya. Artinya kontrol terhadap kesehatan masyarakat tetap terjadwal secara baik dan berkesinambungan.

Sementara dalam penyerahan bantuan ventilator, masker dan beberapa bantuan lainnya ke RSUD dr. R. Soedjono Selong, Wagub menegaskan bahwa langkah tersebut merupakan salah satu ikhtiar pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Direkrut RSUD dr. R. Soedjono Selong, dr. Tantowi Jauhari, menyebut jika bantuan ventilator dari Pemprov NTB ke RSUD Selong sebanyak 3 ventilator sangat membantu. Di mana saat ini RSUD Selong baru memiliki 8 ventilator sehingga ke depan ditambah 11 ventilator. Selain ventilator, bantuan alat kesehatan lainnya diharapkan dapat memperkuat sektor hilir dalam penanganan kesehatan terutama menghadapi Covid-19. (yon)