Wagub Minta Satpol PP Jadi Pemberi Solusi

Giri Menang (suarantb.com) – Wakil Gubernur (Wagub) NTB, H. Muh. Amin, SH.M.Si meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) baik provinsi dan kabupaten/kota  agar menjadi pemberi solusi dari masalah yang dihadapi pemerintah dan masyarakat. Akan sulit mewujudkan pembangunan yang baik jika semua pihak menjadi bagian dari masalah. Terutama masalah keamanan.

“Lakukan pendekatan yang humanis kepada masyarakat. Saya yakin dengan pendekatan seperti itu, segala permasalahan yang terjadi akan teratasi dengan baik, termasuk gangguan-gangguan yang dapat membuat pembangunan terhambat,” pinta Wagub  saat Bimbingan Teknis Pengamanan, Penjagaan Objek Vital dan Kemampuan Dasar Intelijen Bagi Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Se- NTB, di Hotel Puri Saron, Senggigi Kabupaten Lombok Barat, Kamis, 14 Juli 2016.

Iklan

Wagub mengatakan setiap daerah memiliki potensi konflik dan masalah, apalagi tugas utama Polisi Pamong Praja adalah menegakkan peraturan daerah. Untuk mendukung terciptanya situasi daerah yang kondusif, tentunya Satpol PP harus bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Oleh karena itu, saya berharap anggota Satuan Polisi Pamong Praja untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam melaksanakan tugas yang diembannya. Agar semakin mampu bertindak cepat, tegas dan humanis serta senantiasa bisa bertindak sesuai koridor hukum agar terhindar dari pelanggaran hukum dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP NTB, Drs. L. Dirjahrta, M.Si menjelaskan kegiatan Bimtek tersebut dimaksudkan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Satpol PP dalam melakukan pengamanan, menjaga situasi tetap kondusif dan tata cara mendapatkan informasi yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan.

“Ini juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah daerah di bidang pariwisata khususnya destinasi wisata halal,” ujarnya.

Diharapkan, dari 40 anggota Satpol PP yang mengikuti kegiatan tersebut mampu meningkatkan kapasitas dan keterampilan dalam menjalankan tugas, terutama di lapangan. Untuk itu, ia meminta peserta untuk serius mengikuti kegiatan tersebut dan memanfaatkannya untuk bertukar gagasan dan pengalaman. (nas)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here