Wabup Sebut Banyak BUMDes Belum Berkualitas

H. Rumaksi Sjamsuddin (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Hampir seluruh desa di Lombok Timur (Lotim) memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Akan tetapi, masih banyak belum berkualitas. Kualitas BUMDes ini harus terus ditingkatkan, utamanya optimalisasi pemanfaatan potensi di desa masing-masing.

Penegasan ini disampaikan Wakil Bupati Lotim H. Rumaksi Sjamsuddin, S.H., saat menghadiri acara pengangkatan sumpah jabatan dan pelantikan Dewan Pengawas dan Pengurus BUMDes Desa Banjar Sari Kecamatan Labuhan Haji, Rabu, 22 September 2021.

Iklan

Kepada Kepala Desa Banjar Sari Wabup meminta agar memberikan kepercayaan kepada pengurus BUMDes untuk berinovasi. Sedangkan kepada pengurus BUMDes diingatkan Wabup memegang prinsip-prinsip ekonomi. “Gunakan modal kecil tapi bisa datangkan keuntungan besar,” ucapnya.

Para pengurus BUMDes adalah para pengusaha. Mereka harus berusaha meningkatkan pendapatan bagi desa dan berujung meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Dalam hal ini, ujarnya, Pemkab Lotim terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu program digelontorkan adalah Lotim Berantas Rentenir Melalui Kredit Tanpa Bunga (Berkembang). Program ini diluncurkan untuk memberantas rentenir dan membantu masyarakat dalam memberikan modal usaha tanpa bunga.

Program berkembang ini disebut Wabup memberikan banyak kemudahan lewat subsidi bunga pinjaman. Program tersebut diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat untuk tidak meminjam di rentenir dengan bunga mencekik. (rus)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional