Wabup Lotim Dorong Pembelian Tembakau Berpihak ke Petani

Wabup Lotim, H. Rumaksi Sjamsuddin saat menerima rombongan Wakil Bupati Pamekasan H. Raja’e, Jumat, 20 November 2020.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Wakil Bupati (Wabup) Lombok Timur (Lotim), H. Rumaksi Sjamsuddin,S.H., menaruh perhatian besar terhadap para petani tembakau di daerah ini. Pasalnya, pada musim tanam tembakau tahun depan, wabup mendorong supaya betul-betul berpihak kepada petani.

Wabup menyebut Pemda Lotim mendorong upaya penyesuaian Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2006 dan Peraturan Gubernur Nomor 2 tahun 2007 untuk mengakomodasi kondisi budidaya tembakau saat ini.

‘’Apalagi Lotim sebagai penghasil tembakau virgnia terbesar di NTB memiliki kepentingan untuk menjaga agar investasi dapat berjalan dengan baik.  Bupati juga menegaskan jika Pemda Lotim berupaya menjaga keseimbangan untuk memproteksi petani tembakau,’’ ujarnya saat menerima rombongan Wakil Bupati Kabupaten Pamekasan, Provinsi Jawa Timur pada, Jumat, 20 November 2020.

Diakuinya, pola kemitraan yang diatur Perda Provinsi NTB Nomor 4 tahun 2006 tentang Usaha Budidaya dan Kemitraan Perkebunan Tembakau Virginia di NTB merupakan langkah yang saling menguntungkan perusahaan dan petani.  Akan tetapi, disayangkan tidak semua petani menjadi mitra dari perusahaan. Kondisi itu menjadi alasan perusahaan untuk tidak membeli produksi petani walaupun ada kewajiban juga menyerap 20 persen produksi petani swadaya.

Wabup juga berharap pertukaran informasi dalam kunjungan ini memberi nilai tambah bagi tata niaga tembakau di kedua kabupaten.

Sementara, Wakil Bupati Pamekasan, H. Raja’e,  mengaku Pemda Pamekasan telah berupaya untuk mengatur tata niaga tembakau. Akan tetapi persoalan tembakau di daerahnya belum juga tuntas. Oleh karena itu, ia berharap kunjungan ke Lotim dapat menghasilkan solusi efektif. Turut hadir dalam rombongan tersebut, Bupati Pamekasan, Wakil Ketua DPRD, Ketua Komisi II, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Pertanian, dan OPD terkait lainnya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here