Wabup Dompu Ingatkan ASN Tingkatkan Disiplin

Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, saat memberikan pembinaan pegawai di hari pertama masuk kerja usai libur lebaran Idul Fitri 1442 H, Senin, 17 Mei 2021.(Suara NTB/Humas Pemda Dompu)

Dompu (Suara NTB) – Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT memimpin apel pagi pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran Idul Fitri 1442 H untuk pegawai lingkup kantor Bupati Dompu. Ia juga melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan, dan Dinas Dikpora Kabupaten Dompu.

Ia pun mengingatkan, disiplin kerja tidak hanya untuk mengisi daftar hadir, tapi ASN harus memahami dan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) masing – masing. “Jangan hanya disiplin untuk mengisi absen pagi jam 7.30 pagi, lalu pulang dan kembali untuk mengisi absen masuk dan pulang. Tapi bagaimana disiplin itu dengan mengisi jam kerja dengan melaksanakan tugas pokok dan fungsi sesuai jabatan yang diemban,” kata H. Syahrul Parsan, ST, MT saat memberikan pembinaan pegawai di Dinas Pertanian dan Perkebunan, serta Dinas Dikpora Dompu, Senin, 17 Mei 2021.

Iklan

H. Syahrul juga mendorong para ASN di lingkup pemerintah Kabupaten Dompu untuk kembali menyegarkan pikirannya dengan kembali membaca Tupoksi. Dengan demikian, ASN dan pejabatnya bisa mengatahui apa yang harus dikerjakan untuk sama – sama memajukan daerah. “Dibaca kembali tupoksinya masing – masing agar tahu apa yang harus dikerjakan untuk sama – sama membangun daerah,” harapnya.

Pada hari pertama masuk kerja usai libur lebaran, Bupati Dompu, Kader Jaelani tidak terlihat berkantor karena harus ke Jakarta untuk memenuhi undangan Kementrian Pariwisata RI. Sehingga Wakil Bupati yang bertindak untuk mengawasi tingkat kehadiran pada ASN dan melakukan pembinaan. H. Syahrul juga bakal melakukan sidak di OPD – OPD lain untuk mengecek tingkat kahadiran ASN usai libur lebaran. “Pada hari kedua besok, kita akan kembali sidak. Tapi besok tidak akan informasikan kemana arah sidaknya biar tidak bocor,” katanya.

Berdasarkan daftar hadir yang dikumpulkan BKD dan PSDM Kabupaten Dompu, tingkat kehadiran ASN di lingkup pemerintah Kabupaten Dompu pada hari pertama kerja sekitar 80an persen. Banyak pegawai honorer yang tidak hadir di hari pertama kerja dan seolah – oleh aturan disiplin kerja hanya diperuntukan bagi ASN yang PNS. “Seperti di Dinas Pariwisata banyak honorer yang tidak hadir tadi,” kata Kabid Pengembangan Pegawai pada BKD dan PSDM Kabupaten Dompu, Asraruddin, SH. (ula)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional