Verifikasi Berkas CPNS dan PPPK 450 Pelamar Terpental Enam Formasi Lowong

Muzzammil (Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bima, telah menyelesaikan proses verifikasi berkas CPNS dan PPPK non guru tahun 2021. Enam formasi lowong 450 orang pelamar terpental. Tak adanya tanda tangan pejabat tinggi pratama dalam surat keterangan pengalaman kerja yang diunggah, paling dominan membuat pelamar gagal melangkah ke tahap berikutnya.

Kepala BKPSDM Kota Bima, Drs. M Saleh Yasin melalui Kabid Pengadaan, Mutasi, Data dan Informasi Kepegawaian, Muzzammil, SE., kepada Suara NTB di kantornya, Selasa, 3 Agustus 2021 menyampaikan, hasil verifikasi berkas pelamar CPNS dan PPPK non guru telah diumumkan sesuai jadwal yang ditentukan.

Iklan

Khusus PPPK non guru, dari total 541 orang pelamar 283 di antaranya Memenuhi Syarat (MS). Sementara mereka yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) tercatat 258 orang. “Tingginya pelamar yang TMS itu ada beberapa sebab. Terutama surat pengalaman kerja. Itu sampai 47 persen tidak ditanda tangani oleh pejabat tinggi pratama,” ujarnya.

Dalam draf pengumuman rekrutmen CPNS dan PPPK, lanjut dia, surat pengalaman kerja harus dibubuhi tanda tangan pejabat tinggi pratama setingkat kepala dinas di daerah. Seperti guru misalnya, minimal ia mengantongi tanda tangan Kadisbud bukan Kepsek tempatnya mengajar.

Selain kesalahan tersebut, tak sedikit ditemuman ketidaksesuaian antara surat pengalaman kerja dan kualifikasi pendidikan dengan formasi yang dilamar. “Jadi banyak yang tidak sesuai, surat keterangan dan lamaran berbeda,” ungkapnya.

Sementara untuk formasi CPNS non guru, dari 1.161 pelamar yang mengunggah berkas pada laman SSCASN, 969 orang telah dinyatakan MS. Sedangkan 192 pelamar terpental akibat surat lamaran dan pernyataan tidak bermaterai, pun sebagian karena mengunggah kopian ijazah serta transkrip nilai.

Atas hasil akhir verifikasi berkas itu, maka dipastikan 1.252 pelamar bisa mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Kalaupun ada perubahan setelah membuka kesempatan sanggah, BKPSDM akan kembali memuat pengumuman final. “Pengumuman pasca sanggah nanti Tanggal 15 Agustus baru disampaikan,” terangnya.

Disamping mendapati ratusan pelamar kurang teliti dalam mengunggah berkas lamaran sesuai persyaratan yang diumumkan. Muzzammil mengatakan, formasi lowong bertambah setelah dilakukan verifikasi.

Dari formasi disabilitas dan dokter spesialis, kini ada tambahan 4 formasi kosong pelamar. Di antaranya, CPNS terapis gigi dan mulut, dokter gigi, sanitarian serta PPPK pranata kesehatan di Labkesda Kota Bima. “Total enam formasi kita yang lowong. Formasi ini nanti aka tetap terisi, penentuannya di panselnas,” pungkasnya. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional