Vaksinasi Serentak Diserbu Warga

Pelayanan vaksinasi serbuan vaksinasi presisi merdeka di Kuripan. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Pemda Lombok Barat (Lobar) bersama unsur TNI-Polri melalui serbuan vaksinasi presisi merdeka dan serbuan vaksinasi TNI menggenjot vaksinasi di daerah itu. Ditarget 1.000 lebih dosis vaksin terpakai untuk melayani masyarakat. Bahkan dosis yang terpakai lebih dari itu. Seperti Senin, 6 September 2021 terdapat 1.320 dosis vaksin habis, sehingga menyebabkan petugas kewalahan. Itupun banyak warga belum terlayani.

“Hari ini (Senin kemarin, red) ada 1.320 dosis vaksin di Lombok Barat habis dipakai,” jelas Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) pada Dikes Lobar dr. Ahmad Taufiq Fathoni.

Iklan

Ia menyebut pada kegiatan seribuan vaksinasi presisi merdeka yang diadakan Polres Lobar di semua polsek yang berada di wilayah hukum Polres Lobar hampir 1.050-1.100 dosis vaksin yang terpakai. Jika ditambah dengan pelayanan di puskesmas, dalam sehari bisa mencapai 1.300 dosis vaksin yang terpakai. Sedangkan untuk daerah yang berada di wilayah hukum Polresta Mataram, seperti Narmada, Lingsar, Gunungsari dilakukan vaksinasi oleh TNI.

Seperti Sabtu lalu, sebanyak 1.200 dosis lebih vaksin yang terpakai.”Selama sehari rata-rata sekitar 1000 dosis yang kita targetkan,”ujarnya.

Vaksinasi akan terus dilakukan sepekan ke depan, baik dari jatah TNI-Polri maupun pihak puskesmas. Pelayanan vaksinasi ini melibatkan Dikes melalui puskesmas. Saat ini dari 9.000 dosis yang tersedia, sudah terpakai 8.000 dosis. Ditargetkan semua dosis vaksin ini habis dalam jangka waktu seminggu, bahkan kurang seminggu. “Minggu ini akan ada lagi droping vaksin,” ujarnya.

Kapolsek Kuripan Iptu Agus Supriadi ditemui usai pelaksanaan vaksikasi di Desa Kuripan mengatakan kegiatan serbuan vaksinasi Presisi Merdeka diadakan serentak di seluruh polsek, termasuk di Polsek Kuripan bekerjasama dengan Pemda Lobar, kecamatan, puskesmas dan TNI. “Target kami 150 orang tervaksinasi. Antusias warga banyak sekali, kalau ndak sekarang, karena keterbatasan vaksin akan dilayani di puskesmas,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala UPT BLUD Puskesmas Kuripan M. Husni mengatakan pelayanan vaksinasi di Kuripan diserbu warga, karena antusias masyarakat sudah tinggi. “Minimal setiap kegiatan itu targetnya 150 orang, baik dosis 1 dan dosis 2,” sebut dia.

Namun yang menjadi target adalah vaksinasi dosis kedua karena terkait efektivitas vaksin. Terkait pelaksanaan vaksinasi dikombinasi, ada mobile dan statis. Pihaknya sudah menyiapkan jadwalnya. Mulai hari Senin, selanjutnya Selasa di puskesmas. Kemudian hari Rabu dan Kamis di Kuripan serta Posramil.

Camat Kuripan, Iskandar, S.Sos., menambahkan dalam pelayanan vaksinasi ini pihaknya bersama tiga pilar (TNI-Polri) dan puskesmas selalu menjalin komunikasi dan koordinasi. “Antusias masyarakat untuk vaksinasi ini selalu membeludak di Kuripan ini,”ujarnya. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional