Vaksinasi Sasar Para Pelajar di Narmada

Dandim 1606 Kol. Arm. Gunawan, dan Camat Narmada M. Busyairi serta Kades Golong H. M. Zainuddin saat memantau pelaksanaan vaksinasi di Desa Golong. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Vaksinasi di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menyasar para pelajar dan warga usia 12 tahun ke atas. Sabtu, 4 September 2021 akhir pekan, Pemerintah Desa Golong Kecamatan Narmada bekerjasama dengan Kodim 1606/Mataram melakukan vaksinasi. Sebanyak 700 warga berhasil divaksin dalam kegiatan Serbuan Vaksin Penanganan Covid – 19.

Vaksinasi itu melibatkan Tim Nakes dari RSAD, Tim Nakes Dikes Lobar (Tim Nakes RSAM, Tim Nakes UPT BLUD PKM Sedau). “Sasarannya 700 warga masyarakat Desa Golong dan umum,” jelas Kepala Desa Golong H. M. Zainuddin pada Suara NTB, Minggu, 5 September 2021.

Iklan

Dirinci warga yang divaksin, terdiri dari tahap I sebanyak 126 orang, tahap II 574 orang. Kegiatan itu kata dia, dihadiri langsung oleh Dandim 1606/Mataram, Kasdim, Pasie Logistik, Camat, Danramil, Kepala UPT BLUD Puskesmas.

Sementara itu, Camat Narmada M. Busyairi mengatakan pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya bekerjasama dengan Kodim 1606/Mataram dengan melibatkan puskesmas yang ada. “Sejauh ini capaian vaksinasi di daerah kami 20 persen, itu menurut data dari masing-masing puskesmas,” jelas Busyairi. Jumlah ini belum termasuk warga yang divaksin mandiri di fasilitas kesehatan luar Lobar.

 Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) pada Dinas Kesehatan Lobar Ahmad Taufiq Fathoni mengatakan sejauh ini vaksin yang sudah diterima kurang lebih 9000 dosis. Itu terbagi menjadi miliknya Dikes dan 4.500 dosis miliknya TNI-Polri. “Untuk jatah TNI-Polri ini akan dipakai untuk vaksinasi massal,’’ jelas dia.

Pelaksanaan vaksinasi massal TNI-Polri diadakan serentak di sejumlah kecamatan. Ada tersebar di Gerung, Kediri, Lingsar dan Narmada serta kecamatan lainnya. Sedangkan untuk vaksin di Dikes, hanya untuk pelayanan di puskesmas.

Di sisi lain, Siti Aisah, S.Pd., salah satu tenaga pendidikan di SMPN 1 Narmada menyambut baik vaksinasi kalangan pelajar ini, sehingga saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah menjadi lancar. Untuk itu diharapkan vaksinasi di kalangan pelajar bisa dilakukan di sekolah, sehingga interaksi guru dan siswa dalam proses PTM tidak menimbulkan kekhawatiran penyebaran Covid-19. Sementara sebagian besar tenaga kependidikan di SMPN 1 Narmada sudah divaksin. (her/ham)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional