Vaksinasi Nakes Delapan Kabupaten/Kota di NTB Dimajukan Awal Februari

H. Lalu Hamzi Fikri, Nurhandini Eka Dewi. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Pusat kembali mengirim 27.600 dosis vaksin Sinovac tahap kedua ke NTB. Vaksin tahap kedua ini akan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes) yang berada di delapan kabupaten/kota di NTB.

Semula, vaksin tahap kedua dikirim ke NTB, 2 Februari mendatang. Dengan kedatangan vaksin tahap kedua ini, maka vaksinasi nakes di delapan kabupaten/kota di NTB akan dimajukan awal Februari mendatang.

Iklan

‘’Karena ini jadwal datang vaksin (tahap kedua) maju dari jadwal sebelumnya. Awalnya, datang 2 Februari. Tetapi maju tanggal 22 Januari. Mungkin minggu depan kita persiapan untuk distribusi delapan kabupaten/kota. Awal Februari kick off di delapan kabupaten/kota,’’ kata Asisten III Setda NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, M.M., MARS., usai menerima vaksin tahap kedua dari Biofarma di Mataram, Jumat, 22 Januari 2021.

Eka menjelaskan, kick off atau launching vaksinasi di delapan kabupaten/kota akan dilakukan apabila vaksinasi Nakes tahap pertama di Kota Mataram dan Lombok Barat sudah mendekati 100 persen. Vaksinasi Nakes di Kota Mataram dan Lombok Barat ditargetkan mencapai 100 persen pada pekan depan.

‘’Begitu capaian vaksinasi di Kota Mataram dan Lombok Barat sudah 50 persen, kita sudah mulai bicara delapan kabupaten/kota yang lain. Proses yang ada di dua kabupaten/kota ini, menentukan vaksinasi di kabupaten/kota yang lain,’’ terangnya.

Mantan Kepala Dikes NTB ini menyebutkan,  ada 91 kabupaten/kota di Indonesia yang melaksanakan vaksinasi Nakes tahap pertama, termasuk Kota Mataram dan Lombok Barat. Ratusan kabupaten/kota lainnya akan melaksanakan vaksinasi Nakes tahap kedua.

Kepala Dikes NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, M.M., MARS., menyebutkan, pada tahap kedua ini, NTB memperoleh 27.600 dosis vaksin. Sedangkan pada tahap pertama sebanyak 28.760 dosis vaksin yang disebar ke Kota Mataram dan Lombok Barat.

‘’Sekarang, tanggal 22 Januari, vaksin yang kita terima sebanyak 27.600 dosis. Untuk delapan kabupaten/kota, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, Bima, Kota Bima dan Lombok Utara,’’ terangnya.

Alokasi distribusi vaksin untuk masing-masing kabupaten/kota untuk tahap kedua ini, antara lain Lombok Tengah sebanyak 5.720 dosis, Lombok Timur 10.680 dosis, Sumbawa 6.320 dosis, Dompu 3.640 dosis, Bima 3.680 dosis, Sumbawa Barat 2.560 dosis, Lombok Utara 2.520 dosis dan Kota Bima 2.280 dosis. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional