Vaksinasi Lansia dan Guru Diprioritaskan

H. Lalu Hamzi Fikri (Suara NTB/nas)

KEPALA Dinas Kesehatan (Dikes) NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, M.M., MARS., mengatakan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, telah meminta Pemda baik provinsi dan kabupaten/kota untuk memprioritaskan vaksinasi lansia dan guru. Kinerja vaksinasi lansia dan guru akan menjadi acuan Kemenkes untuk pembagian vaksin ke daerah.

“Menkes yang langsung menyampaikan, Dinas Kesehatan diminta prioritaskan lansia di atas pelayan publik. Mereka adalah kelompok paling rentan dan risiko fatalnya (kematian) sangat tinggi. Jadi, mari kita lindungi mereka dahulu,” kata Fikri dikonfirmasi Selasa, 6 April 2021.

Iklan

Ia mengatakan, pembagian vaksin Covid-19 ke masing-masing daerah nantinya akan melihat capaian target vaksinasi kepada lansia. Sehingga, Pemda harus melakukan percepatan untuk vaksinasi lansia.

Disebutkan, capaian vaksinasi lansia di NTB, yaitu Kota Mataram baru sekitar 60 persen dari jumlah sasaran 13.366 orang. Capaian ini, katanya, masuk kategori sedang sehingga harus terus digenjot.”Makanya kita harus punya strategi baru,” ujarnya.

Salah satu inovasi yang perlu dilakukan untuk menggejot capaian vaksinasi lansia adalah memberikan reward vaksinasi kepada anak muda yang membawa lansia untuk diberikan suntikan vaksin Covid-19 ke fasilitas kesehatan. “Dan kita sudah sampaikan inovasi ini ke kabupaten/kota. Strategi jemput bola termasuk maksimalkan faskes yang ada bahkan klinik swasta. Karena perjalanan masih panjang vaksinasi ini,” terangnya.

Fikri menambahkan, selain memprioritaskan vaksinasi kepada lansia, juga guru. Pasalnya, Pemerintah akan membuka pembelajaran tatap muka terbatas mulai Juni mendatang. “Paling tidak minimal 50 persen guru bisa divaksin,” katanya.

Terkait vaksinasi guru, Fikri mengatakan sudah dibahas bersama Asisten I terkait dengan data jumlah guru di NTB. Dalam pelaksanaannya, vaksinasi guru tidak akan melihat guru provinsi atau guru kabupaten/kota. Vaksinasi guru dilaksanakan di fasilitas layanan kesehatan terdekat dengan tempat tinggal di masing-masing kabupaten/kota. (nas)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional