Vaksinasi di Lobar Masih Jauh dari “Herd Immunity”

Wabup Lobar Hj Sumiatun didampingi Camat Lalu Pardita Utama dan Kapolsek Sekotong memantau pelaksanaan vaksinasi di sejumlah titik di wilayah Sekotong. (Suara NTB/ ist)

Giri Menang (Suara NTB)  – Lombok Barat (Lobar) mendapatkan tambahan vaksin 19 ribu dosis lebih. Namun belasan dosis vaksin itu telah disebar untuk pelaksanaan vaksinasi serentak. Hingga saat ini capaian vaksikasi di Lobar baru mencapai sekitar 34-35 persen. Dengan capaian ini, masih jauh dari herd immunity dimana cakupan vaksinasi yang harus terlayani 70 persen dari total penduduk.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, vaksin dosis pertama yang sudah disuntikkan sebanyak 163.387 atau sekitar 30,8 persen. Sedangkan untuk dosis kedua sebanyak 52.507 dosis atau 9,9 persen. Sehingga total dosis baik pertama dan kedua yang terpakai sebanyak 215.891 atau 40,7 persen. “Kalau hari ini (Rabu, red) mungkin sudah mencapai 34-35 persen, masih jauh dari herd immunity,”jelas Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) Dikes Lobar dr.H. Ahmad Taufiq Fathoni, Rabu, 6 Oktober 2021.

Iklan

Pasalnya, dari target yang harus divaksin sebanyak 530.173 jiwa yang baru vaksin kisaran 34 persen Sedangkan sisanya 40 persen belum divaksin. Sedangkan untuk herd immunity itu minimal yang perlu divaksin 70 persen atau 371.112 jiwa dari total 530.173 jiwa.

Sementara itu, Wakil Bupati Lobar Hj. Sumiatun didampingi  Camat Sekotong Lalu Pardita Utama dan Kapolsek Sekotong meninjau dan mengecek langsung pelaksanaan Kegiatan Serbu Vaksin  di empat lokasi di Kecamatan Sekotong Selasa, 5 Oktober 2021. Start melalui rumah pribadinya di Sekotong Wabup langsung menuju Dusun Bengkang, Desa Buwun Mas, Dusun Pengantap, Desa Buwun Mas, Pondok Pesantren (Ponpes) Daru Ikhlas Dusun Sepi, Desa Buwun Mas dan Ponpes Zainul Hafidz At Tauri Dusun Sepi, Desa Buwun Mas.

Kegiatan “Serbu Vaksin” capaiannya sebanyak 20.950 sasaran,  setelah Senin target capaian sebanyak 19.000 sasaran.

Wabup Lobar Hj. Sumiatun di sela kunjungannya mengucapkan syukur karena pelaksanaan vaksin berjalan lancar. “Untuk masyarakat yang rumahnya terpencil dan di atas perbukitan yang belum divaksin ada petugas yang melakukan penjemputan dan pengantaran untuk divaksin,” ujarnya. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional