Vaksinasi Covid-19, Lansia akan Diberi Paket Sembako

Lalu Martawang. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Berbagai cara dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Mataram untuk meningkatkan sasaran vaksinasi. Salah satunya adalah memberikan bantuan paket sembako bagi masyarakat usia lanjut (lansia).

Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang mengatakan, hasil kesepakatan rapat tim gugus tugas mendongkrak capaian vaksinasi adalah tetap memberikan pelayanan vaksinasi pada pagi hari sesuai mekanisme normal dijalankan. Kedua, menambah jam kerja vaksinator pada malam hari. Skenario vaksinasi malam hari akan disiapkan lokasi dan tempatnya oleh kecamatan. Tenaga kesehatan dari puskesmas dan rumah sakit akan melayani sesuai kebutuhan. “Pelaksanaan vaksinasi ini dengan sinergitas Pemkot Mataram dengan TNI – Polri,” kata Martawang dikonfirmasi, Rabu, 28 April 2021.

Iklan

Hal menarik dari hasil rapat disampaikan oleh Martawang adalah, warga yang berusia di atas 60 tahun atau kategori lansia memperoleh bantuan sembako. Paket sembako diberikan untuk memotivasi lansia untuk datang vaksin. “Bantuan sembako nanti disiapkan oleh Baznas,” sebutnya.

Vaksinasi dimulai rencananya pada Minggu, 2 Mei 2021. Titik dan jumlah sasaran masih didata. Data ini berkaitan dengan jumlah paket sembako yang akan disiapkan untuk lansia. Martawang tidak menyebutkan detail item apa saja yang terdapat dalam paket sembako tersebut. Pola seperti itu harapannya target vaksinasi terpenuhi untuk akselarasi lansia.

Dia menyebutkan,target vaksinasi lansia di Kota Mataram 26 ribu sasaran dan baru tercapai 10 ribu lebih. “Harapkan kita ayo kita percepat capaian itu semua,” pintanya.

Tantangan dihadapi mensukseskan vaksinasi adalah persepsi masyarakat tentang halal dan haram. Pihaknya menerima masukan dalam setiap khotbah jumat agar menyisipkan ceramah mengenai tujuan serta halalnya vaksin ini. Hal ini akan dikoordinasikan dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, untuk membuat materi yang bisa dijadikan pedoman bagi khotib menyampaikan kehalalan vaksinasi dan vaksinasi pagi hari tidak membatalkan puasa. “Saya segera berkoordinasi dengan Kemenag untuk membuat pedoman,” demikian kata dia. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional