Vaksin Didistribusikan ke Pulau Sumbawa, Gubernur dan Tokoh NTB Kembali Divaksinasi

IDG. Oka Wiguna (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc dan Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah bersama sejumlah tokoh NTB akan kembali disuntik vaksin Covid-19 untuk kedua kali. Vaksinasi kedua atau terakhir bagi pejabat teras dan tokoh NTB itu akan dilaksanakan di Graha Mandalika, RSUD NTB, Kamis, 28 Januari 2021 hari ini.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Lingkungan (P3L) Dinas Kesehatan NTB, IDG. Oka Wiguna, SKM., M. Kes., mengatakan Gubernur, Wagub dan sejumlah tokoh yang telah disuntik vaksin Covid-19 perdana, 14 Januari lalu kembali divaksinasi untuk yang kedua kali. Jarak vaksinasi pertama dengan kedua selama dua minggu atau 14 hari. Sehingga, pada Kamis, 28 Januari 2021, Gubernur dan sejumlah tokoh NTB kembali divaksinasi.

Iklan

‘’Sudah disiapkan di Graha Mandalika. Ini untuk vaksin yang kedua, setelah dua minggu. Besok (hari ini, red) dikumpulin di Graha Mandalika RSUD NTB,’’ kata Oka dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 27 Januari 2021.

Pada 14 Januari lalu, sebanyak 23 pejabat dan tokoh NTB divaksinasi perdana di Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur. Namun, dari hasil skrining dua hari sebelum vaksinasi dilakukan, sebanyak tiga orang tidak memenuhi syarat untuk divaksinasi karena gula darahnya jauh di atas standar.

Sehingga dokter memutuskan untuk saat ini mereka tak bisa divaksinasi. Kemudian, satu orang, yakni Ketua PWNU NTB, Prof. Dr. Masnun Thahir, M.Ag., tidak divaksinasi karena sedang di luar daerah.

Dalam kegiatan vaksinasi perdana Covid-19 tingkat provinsi NTB, hanya 19 pejabat dan tokoh yang divaksinasi. Antara lain, Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda, Ketua TP PKK NTB, Kapolda, Danrem 162/WB, Danlanal Mataram, Ketua DPRD NTB, TGH. M. Zainul Majdi atau TGB, Sekretaris  IDI NTB, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) NTB, Ketua IBI NTB dan Pimpinan PPNI NTB.

Namun, karena Danrem terkonfirmasi positif Covid-19 meskipun sudah divaksin perdana. Dalam vaksinasi kedua tersebut, ia tak lagi divaksin.

Selain vaksinasi kedua terhadap pejabat dan sejumlah tokoh, Pemprov juga mulai mendistribusikan vaksin ke Pulau Sumbawa, Kamis, 28 Januari 2021. ‘’Yang di Pulau Sumbawa duluan. Kalau di Pulau Lombok, tinggal tiga kabupaten gampang,’’ kata Oka.

Vaksinasi tahap kedua bagi tenaga kesehatan (Nakes) akan dimulai 2 Februari mendatang. Pendistribusian vaksin ini akan mendapatkan pegawalan ketat dari Polda NTB.

Pada 22 Januari lalu, NTB memperoleh 27.600 dosis vaksin. Untuk delapan kabupaten/kota, yaitu Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, Bima, Kota Bima dan Lombok Utara.

Alokasi distribusi vaksin untuk masing-masing kabupaten/kota untuk tahap kedua ini, antara lain Lombok Tengah sebanyak 5.720 dosis, Lombok Timur 10.680 dosis, Sumbawa 6.320 dosis, Dompu 3.640 dosis, Bima 3.680 dosis, Sumbawa Barat 2.560 dosis, Lombok Utara 2.520 dosis dan Kota Bima 2.280 dosis. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional