Vaksin Covid-19 Dijaga Ketat 24 Jam

Tim Brimob bersenjata lengkap bersiaga di depan pintu ruang pendingin tempat penyimpanan vaksin Covid-19 Sinovac di Gudang Cold Chain Dinas Kesehatan Provinsi NTB.(Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Gedung Cold Chain Dinas Kesehatan Provinsi NTB di Jalan Kesehatan, Mataram kini tidak lagi sepi. Personel polisi bersenjata lengkap siaga 24 jam. Tempat penyimpanan 28.760 botol dosis vaksin Covid-19 ini tidak boleh kebobolan.

“Tempatnya itu dijaga 24 jam. Anggotanya di sana lengkap bersenjata,” ujar Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto dikonfirmasi Kamis, 7 Januari 2021.

Vaksin Covid-19 yang tiba pada Selasa lalu ini masih disimpan. Distribusinya ke 10 kabupaten/kota di NTB masih menunggu jadwal. Rencana vaksinasi gelombang pertama dimulai 14 Januari mendatang.

“Jadwalnya sudah ada. Hanya saja teknisnya ini masih disiapkan. Misalnya, ke wilayah-wilayah untuk banyaknya berapa yang didistribusikan kita belum dapat rinciannya,” imbuh dia.

Artanto menegaskan, protokol pengamanan vaksin saat pendistribusian nanti akan sama ketatnya dengan ketika pengamanan saat vaksin ini dipindahkan dari bandara ke gudang Dikes. Demikian juga dengan pada saat proses pemberian vaksinnya nanti kepada penerima.

“Tentunya akan ada anggota yang dikerahkan untuk pengamanan dan pengawalan. Tempat penyimpanannya kita amankan, jangan sampai dibobol, hilang, dicuri, atau dirusak,” tegasnya.

Kapolresta Mataram, Kombes Pol Heri Wahyudi menambahkan, pengamanan dilakukan dengan mengerahkan enam personel yang siaga. Setiap personel bergantian dalam jangka waktu pergantian setiap delapan jam. Mereka yakni dari Tim Gegana Brimob Polda NTB dan Samapta Polresta Mataram. “Tempat tersebut wajib diamankan 24 jam. Patroli setiap dua jam sekali,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, vaksin Covid-19 produksi Sinovac ini tiba pada Selasa, 5 Januari 2021. Jumlahnya 28.760 dosis yang disimpan dalam 15 koli. 14 koli masing-masing berisi 1.960 botol dosis. 1 koli isi 1.320 botol. Vaksin ini untuk vaksinasi 14.380 tenaga kesehatan. (why)