Vaksin Covid-19 akan Didistribusikan Bulan Januari

H. Usman Hadi. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Kesehatan berencana akan mendistribusikan vaksin coronavirus disease atau Covid-19 ke kabupaten/kota di Indonesia. Pemberian vaksin diprioritaskan bagi tenaga kesehatan (nakes).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, dr. H. Usman Hadi menyampaikan, rapat koordinasi terbatas bersama Kemenkes dan Kemendagri perihal pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19. Pemerintah pusat tidak secara detail menjelaskan jumlah serta jadwal vaksin didistribusikan ke masing – masing daerah. “Kemarin itu ndak detail, cuma gambaran umum saja disampaikan oleh pemerintah pusat,” kata Usman ditemui Selasa, 1 Desember 2020.

Skenarionya dari Kemenkes bahwa vaksin akan didistribusikan pada bulan Januari mendatang. Penyuntikan antibody diprioritaskan bagi nakes. Pertimbangannya sambung Usman, nakes baik itu dokter, perawat dan bidan bersentuhan langsung dengan pasien sehingga memiliki risiko tertular virus corona. “Karena tenaga kesehatan memiliki risiko terpapar,” jelasnya.

Kuota vaksin diperoleh Pemkot Mataram belum ditentukan oleh pemerintah pusat. Secara umum disampaikan Usman, jumlah nakes lebih dari 5 ribu orang. Dirincinkan, nakes di puskesmas sekitar seribu orang. Ini belum termasuk nakes di RSUD Kota Mataram mencapai 2 ribu orang lebih. Sementara, rumah sakit swasta di Mataram juga cukup banyak. “Belum TNI – Polri dan ASN,” rincinya.

Pemberian vaksin Covid-19 tidak membedakan antaranya yang berstatus aparatur sipil negara maupun honorer. Nakes sama – sama memiliki risiko terpapar karena berhadapan langsung dengan pasien. (cem)