Usulkan Perpanjang Pembangunan RTG

H. Zulkieflimansyah (Suara NTB/dok)

Dana rehabilitasi dan rekonstruksi untuk pembangunan 17.314 Rumah Tahan Gempa (RTG) hingga jelang akhir 2020 belum turun dari Pemerintah Pusat. Sehingga, Pemprov mengusulkan perpanjangan waktu hingga empat bulan untuk menuntaskan pembangunan rumah korban gempa 2018 tersebut.

“Dananya belum turun. Tadi diusulkan (perpanjangan waktu) oleh Kepala BPBD empat bulan,” kata Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., dikonfirmasi di Mataram, pekan kemarin.

Iklan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan penyelesaian pembangunan RTG tahap II di NTB harus tuntas 31 Desember sesuai Inpres No. 7 Tahun 2020. Namun, kata Gubernur, anggaran untuk pembangunannya belum turun dari Pemerintah Pusat. “Gimana kita mau menyelesaikan dananya belum turun,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Ir. H. Ahmadi, SP-1 yang dikonfirmasi pertengahan Desember lalu mengatakan bahwa Pemda sedang menyiapkan opsi perpanjangan pembangunan RTG. Jika dana rehab rekon untuk pembangunan 17.314 RTG tahap II cair akhir Desember ini. Maka pembangunan RTG diperkirakan tuntas pertengahan 2021.

Mantan Plt Kepala Pelaksana BPBD NTB ini mengatakan kelompok masyarakat (pokmas) untuk pembangunan RTG tahap II sudah dibentuk. Tinggal menunggu pencairan dana dari Kemenkeu.

Berdasarkan review Inspektorat Utama (Irtama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terhadap usulan penanganan 17.500 unit Rumah Tahan Gempa (RTG) tahap II. Dari usulan tersebut, Irtama BNPB menemukan ratusan data ganda, sehingga jumlah RTG tahap II yang akan ditangani sebanyak 17.314 unit.

Penanganan RTG korban gempa NTB sudah berjalan dua tahun. Untuk penanganan RTG tahap pertama sebanyak 226.204 unit. Dari jumlah tersebut, sudah selesai dibangun atau diperbaiki sebesar 91 persen atau sekitar 214.000 unit. Masih tersisa sebesar 9 persen yang saat ini masih dalam pengerjaan yang ditargetkan tuntas akhir Desember. (nas)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional