Usulan Trayek Kapal Perintis Sudah di Kemenhub

H. Abdul Hamid. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Proposal trayek kapal perintis yang diajukan oleh Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah berada di tangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Pekan lalu kami serahkan di Siurabaya saat rakornis (rapat koordinasi teknis). Jadi proposalnya sudah masuk di Kemenhub,” klaim kepala Dinas Perhubungan (Dishub) KSB, H. Abdul Hamid kepada Suara NTB, Kamis, 15 April 2021.

Iklan

Sesuai rencana, dijelaskan H. Hamid, dalam proposal yang diajukan pihaknya tidak ada yang berubah. KSB dengan menanfaatkan pelabuhan Lalar tetap menjadi titik awal perjalanan pelayaran kapal perintis yang akan menghubungkan sejumlah daratan pulau di tiga wilayah provinsi. Yakni NTB, NTT dan sebagian pulau-pulau kecil di perairan Sulawesi. “Tidak ada perubahan. Kita sampaikan dirakornis itu dan semuanya oke (setuju),” klaimnya.

Mendapat lampu hijau dalam kajian teknis, diakui H. Hamid, usulan Pemda KSB itu belum sepenuhnya final. Menurut dia, Kemenhub masih akan mengkaji lebih dalam lagi terutama mengenai kesiapan daerah yang akan menjadi tujuan operasional kapal perintis nantinya. “Masih butuh waktu ya. Tapi prosesnya bisa sangat cepat kalau memang semua sudah siap,” paparnya.

Di KSB sendiri sebagai titik awal pelayaran kapal perintis nantinya. Mantan Kepala Disnakertrans KSB ini menyatakan, Pemda KSB sudah sangat siap jika akhirnya Kemenhub menyetujui usulan trayek kapal perintis tersebut. Termasuk melengkapi infrastruktur pelabuhan Lalar yang akan dijadikan dermaga sandar kapal. “Kita sekarang juga sedang hitung load factor-nya bersama LPPM Unram. Itu salah satu bentuk keseriusan kita ya,” cetusnya seraya menambahkan, untuk memercepat usulan trayek kapal perintis itu perlu pula campur tangan Pemprov NTB.

“Dukungan pak gubernur tentu kita sangat tunggu di sini. Karena bagaimana pun ada beberapa hal yang pastinya kewenangannya di provinsi,” demikian ungkap H. Hamid. (bug)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional