Usai US, Sekolah Langsung Gelar Penilaian Harian Bersama

0
Suasana pelaksanaan PHB untuk kelas X dan XI SMAN 5 Mataram mulai Rabu, 24 Maret 2021. (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) –  SMAN 5 Mataram melaksanakan Penilaian Harian Bersama (PHB) untuk kelas X dan XI mulai Rabu, 24 Maret 2021 setelah ujian sekolah bagi kelas XII berakhir Selasa (23/3) lalu. PHB merupakan program yang mulai diadakan sejak pandemi Covid-19. Hal ini untuk menjaga ritme proses pembelajaran daring dan luring terbatas yang diterapkan pada masa pandemi Covid-19.

PHB tersebut menjadi agenda panjang bagi segenap guru dan tenaga pendidikan SMAN 5 Mataram dalam memberikan pelayanan bagi siswa. Kepala SMAN 5 Mataram, Drs. H. Arofiq menyampaikan, PHB di SMAN 5 Mataram dilaksanakan persis sama dengan Ujian Sekolah, sehingga tidak persiapan baru. Hal itulah yang menjadi kelebihan ujian berbasis teknologi informasi.

IKLAN

“Setelah ujian sekolah kita lanjut PHB untuk kelas X dan XI supaya tidak ada kerja dua kali dan mengingat bulan Ramadhan sudah dekat jadi saat inilah waktu yang tepat untuk melaksanakan PHB,” ungkap H. Arofiq.

Berbeda dengan PHB semester ganjil lalu, kali ini PHB berbasis teknologi dengan jadwal block, shift, dan sliding, sehingga lebih efisien waktu dan tenaga. Sesi 1 kelas XI MIPA masuk pukul 07.30–09.30 Wita, sesi 2 kelas XI IPS masuk pukul 08.00–09.00 Wita, sesi 3 kelas X MIPA mulai pukul 10.00–12.00 Wita, dan sesi 4 kelas X IPS mulai pukul 10.30–12.30 Wita.

Arofiq menyebutkan, ada 756 siswa yang mengikuti PHB kali ini, terdiri dari enam kelas XI MIPA, empat Kelas XI IPS, enam Kelas X MIPA, dan lima kelas X IPS. Setiap hari siswa akan menuntaskan dua mata pelajaran selama dua jam.

“PHB pola ini sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 untuk Bapak/Ibu protek dan pengawas dan utamanya untuk siswa,” klaim Musanni selaku Wakasek Bidang Kurikulum SMAN 5 Mataram. (ron)