Usai Sertijab, AKJ – Syah Ajak Semua Pihak Beri Perhatian Pada Kelestarian Lingkungan

Bupati Dompu, Kader Jaelani saat menyampaikan pidato perdananya pada paripurna istimewa DPRD Dompu yang dipimpin Ketua DPRD Dompu, Andi Bahtiar, di ruang rapat utama DPRD Dompu, Senin, 1 Maret 2021.(Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Pasangan Kader Jaelani-H Syahrul Parsan, ST, MT sebagai Bupati dan Wakil Bupati Dompu hasil Pilkada 2020 mengajak semua pihak untuk memberi perhatian pada kelestarian lingkungan. Pemanfaatan lahan harus juga memperhatikan fungsi lahan untuk keberlangsungan hidup jangka panjang.

Ajakan ini menjadi titik pesan yang disampaikan Bupati Dompu, Kader Jaelani dalam pidato perdananya sebagai Bupati Dompu pada rapat paripurna istimewa DPRD Dompu di aula rapat utama DPRD Dompu, Senin, 1 Maret 2021. Apalagi pada Minggu dini hari, 28 Februari 2021, sejumlah Desa di kecamatan Huu dilanda banjir bandang yang menyebabkan puluhan rumah hanyut dibawa arus banjir dan ratusan rumah rusak berat, serta sejumlah kendaraan dan peliharaan warga juga ikut hanyut dibawa banjir.

Iklan

AKJ – Syah langsung meninjau warga korban banjir di Huu untuk memastikan penanganannya. “Kaitan banjir ini harus jadi fokus dan perhatian kita semua, mengingat visi pembangunan kita adalah agribisnis, maka kami mohon dukungan seluruh komponen masyarakat untuk bahu-membahu menyelamatkan lingkungan kita. Mari kita hentikan merusak hutan hanya sekadar mendapatkan keuntungan jangka pendek, tetapi dengan cara merusak aset masa depan,” ajak Kader Jaelani.

Aba Kader sapaan akrab Bupati Dompu ini mengungkapkan, dirinya bersama H Syahrul Parsan, sering mengibaratkan sebagai prajurit yang diberi kepercayaan dari prajurit lain untuk menentukan arah dan target kemenangan secara bertanggungjawab menju Dompu Mashur. “Kami berdua dengan Bapak Wakil Bupati, H. Syahrul Parsan, ST, MT mengharapkan dukungan semua pihak dan semoga Allah SWT melimpahkan berkahnya atas ihtiar kita semua. Semoga Allah SWT melindungi dana Nggahi Rawi Pahu, menjadikan kabupaten Dompu daerah yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” harapnya.

Sebelumnya, Kader juga menyampaikan rasa syukurnya atas amanah dan kepercayaan masyarakat Dompu dan menjadikan dirinya bersama H Syahrul Parsan sebagai Bupati dan wakil Bupati Dompu. Pada saat yang sama juga diberi tantangan dan tanggungjawab untuk melanjutkan proses pembangunan Kabupaten Dompu.

Visi dan Misi serta program yang diusung merupakan sebuah mimpi masa depan yang sangat beralasan. Berbagai keberhasilan pemimpin sebelumnya dijadikan contoh, juga ketidak baikannya ditinggalkan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Dompu. “Program Jara Pasaka yang kami rencanakan, yaitu jagung, porang, padi, sapi dan ikan; tidak saja sebagai usaha tani dan agribisnis berbasis potensi dan keunggulan komoditi yang ada di desa-desa, tetapi Jara Pasaka juga sebagai sebuah upaya pembenahan kelembagaan ekonomi masyarakat kabupaten Dompu,” ungkapnya.

Besarnya potensi yang bisa dimanfaatkan sebagai daya dorong pertumbuhan ekonomi terutama di bidang agribisnis, Kader merasa optimis dengan dukungan seluruh komponen masyarakat Dompu bisa mempercepat pemulihan ekonomi terutama di masa pandemi Covid-19 ini. “Dalam proyeksi kami, jika kita dapat memperbaiki kelembagaan ekonomi masyarakat terutama di desa agar difokuskan pada sektor hulu yaitu produksi komoditi Jara Pasaka, maka di sektor hilir, para pelaku UMKM kita termasuk koperasi serta BUMDes, terlebih lagi bagi BUMD akan memiliki peluang usaha yang tidak terbatas,” katanya.

Kader Jaelani juga menyampaikan apresiasinya kepada Drs. H. Bambang M. Yasin – Arifuddin, SH sebagai Bupati dan wakil Bupati Dompu periode 2016-2021 dan Plh Bupati Dompu, Drs H Muhibuddin, MSI beserta jajaran pemerintah Daerah (Pemda) serta lapisan masyarakat yang telah bekerja dengan kesungguhan hati dalam meningkatkan kesejahteraan serta kemajuan masyarakat kabupaten Dompu.

Sebelum pidato perdana di hadapan paripurna istimewa Dewan, pasangan Kader Jaelani-H Syahrul Parsan, ST, MT melakukan serah terima jabatan Bupati Dompu dari Drs. H. Muhibuddin, M.Si selaku Plh Bupati Dompu yang disaksikan oleh Ir. H. Ridwan Syah, M.Sc, MM Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi NTB. Sertijab juga dilakukan untuk jabatan Ketua TP PKK Kabupaten Dompu dan Ketua Dekranasda Kabupaten Dompu, Ny. Lilis Suryani Kader Jaelani dari Hj Daryanti Kustilawati, SE, MM selaku Plh.

Ketua DPRD Dompu, Andi Bahtiar, A.Md.Par yang memimpin parat paripurna Dewan menyampaikan, komitmen Bupati dan wakil Bupati Dompu untuk menjadikan Dewan sebagai mitra sejajar dalam menjalankan pemerintahan di Kabupaten Dompu. Karena apa yang menjadi Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati, tidak akan maksimal tercapai apabila tidak didukung semua elemen dan lapisan masyarakat di Kabupaten Dompu. “Sebagai bentuk kemitraan itu, pimpinan bersama anggota Dewan akan mengantarkan Bupati dan Wakil Bupati ke pendopo untuk mengawali tugas di pemerintahan,” kata Andi Bahtiar. (ula/*)

Advertisement filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional