Usai Nyepi, Antrean Kendaraan di Lembar Capai Dua Kilometer

Giri menang (Suara NTB) – Pelayanan penyeberangan di Pelabuhan Lembar mulai dibuka setelah Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939, Rabu, 29 Maret 2017 pagi. Sempat terjadi kepadatan kendaraan, antrean kendaraan pun mengular hingga 2 kilometer. Ratusan kendaraan terpaksa harus mengantre lantaran pelayanan penyeberangan sedikit alot dipicu perbaikan dermaga di Padangbai Bali dan lonjakan penumpang yang terus terjadi.

Sebelum pelabuhan kembali dibuka pukul 03.00 Wita, antrean kendaraan yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Padangbai mengular hingga ke jalan raya. Bahkan sampai pukul 10.00 Wita, antrean kendaraan semakin tak terbendung. Hal ini menyebabkan macet sepanjang dua kilometer lebih. Akibatnya, ratusan kendaraan tak bisa bergerak. Sejumlah sopir kendaraan memarkirkan kendaraannya sembari menunggu giliran masuk ke dalam kapal.

Iklan

Pantuan di lapangan, antrean kendaraan itu didominasi oleh truk. Di pintu loket pelabuhan dipadati kendaraan terutama roda dua yang berjubel ingin masuk ke dalam dermaga. Pelataran parkir, baik di dalam pelabuhan maupun di luar pelabuhan penuh, sehingga kendaraan yang mau masuk harus antre berjam-jam.

Kepala Manager Usaha ASDP Lembar Muhammad Yasin menjelaskan, antrean kendaraan diakibatkan terjadi penumpukan sebelum pelabuhan dibuka. Para pengguna jasa yang hendak menyeberang ke Padangbai sudah menunggu sejak pukul 08.00 Wita Selasa (28/3) lalu. “Padahal pelabuhan baru dibuka pukul 03.00 Wita. Kendaraan yang dari Bima sudah datang lebih awal, ini menyebabkan antrean,”  akunya.

Untuk mengurai kemacetan, pihak pelabuhan akhirnya membuka tiga dermaga sekaligus. Kemacetan pun akhirnya terurai sekitar pukul 12.00 Wita. Sementara kendaraan yang masuk dari Padangbai, oleh aparat kepolisian dilakukan rekayasa jalur dengan membuka jalur yang mengarah ke Pantai Cemara. Atas kejadian itu, Yasin menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jasa. Ia berharap pengguna jasa mengerti, karena pelabuhan ditutup untuk menghormati Umat Hindu di Bali yang sedang merayakan Nyepi. Hingga sore hari barulah kondisi Pelabuhan Lembar sudah kembali normal. Aktivitas penyeberangan dan bongkar muat kembali seperti biasa. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here