Usai Mencuri di Atas Kapal, Pelaku Tidur di Kamar VIP

Giri Menang (Suarantb.com) – Seorang pria berinisial AM (27) nekat menyatroni barang milik ABK Kapal Darma Kencana saat berlabuh di Pelabuhan Lembar, Jumat 23 September 2016. Informasi yang diterima melalui Kabid Humas Polda NTB, AKBP Tri Budi Pangastuti, pria yang diduga alami gangguan jiwa ini melakukan pencurian di dua lokasi di sekitar Pelabuhan Lembar.

Kronologis bermula ketika pelaku sorang diri naik ke KMP Andika dari Padangbai, Bali menuju Pelabuhan Lembar, Lombok. Pelaku tiba pukul 19.00 Wita. Pelaku kemudian shalat pada mushola yang ada di pelabuhan.

Iklan

“Usai shalat, pelaku melihat HT milik Petugas Security. Pelaku mengambil barang tersebut dan memasukan ke tasnya tanpa diketahui pemilik,” ujar Tri Budi saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Sabtu 24 September 2016.

Pukul 20.30 Wita, saat KMP Darma Kencana melakukan bongkar muat barang di Dermaga 3 Lembar, pelaku naik ke atas kapal. “Pelaku kemudian memasuki kamar ABK atas nama Bayu Sugeng yang saat itu sedang tertidur. Pelaku kemudian mengambil pakaian kerja korban dan mengenakannya. Pelaku juga mengambil HP merek Samsung milik korban,” jelasnya.

Namun beruntung rekan korban melihat pelaku. Rekan korban kemudian bergegas membangunkan pelaku dan memberitahukan kejadian tersebut. Keduanya kemudian mencari pelaku.

“Keduanya menemukan pelaku sedang tidur di kamar VIP kapal dengan menggunakan baju korban. Pelaku dibangunkan dan diperiksa. Di dalam tasnya ditemukan HP, HT milik security, HT milik kapal, dan di dalam saku celananya ditemukan uang Rp 50 ribu, ATM, dan kartu Jamsostek,” ungkapnya.

Pihak kapal kemudian melaporkan kasus tersebut pada Petugas KP3 Lembar. Korban langsung diamankan di Polsek KP3 Lembar. “Pelaku akan dilakukan tes kejiwaan untuk memastikan apakah mengalami gangguan jiwa atau tidak,” tutup Tri Budi. (szr)