Usai Kunjungi NTB, Presiden Promosikan Pariwisata NTB Melalui Medsos

0
Promosi pariwisata Lombok oleh Presiden Jokowi di akun Instagram-nya. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Presiden Joko Widodo (Jokowi), menaruh harapan yang sangat besar terhadap keberadaan pariwisata di NTB. Usai melakukan kunjungan kerja ke NTB tanggal 13 – 14 Januari lalu guna mengecek persiapan Mandalika jelang MotoGP dan meresmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Presiden kembali memberikan promosi pariwisata Lombok melalui media sosialnya.

Di akun Instagramnya yang diposting Sabtu, 15 Januari 2022, Presiden memberikan gambaran soal beragamnya destinasi wisata dan kekayaan tradisi budaya yang dimiliki Lombok (NTB). Presiden menilai, nama Mandalika sudah sangat tersohor lantaran adanya sirkuit bertaraf internasional di dalamnya. Namun sejatinya di Lombok tak hanya Mandalika yang menawarkan keindahan dan keunikan, tetapi ada beberapa destinasi yang harus dikunjungi oleh wisatawan jika berkunjung ke Lombok.

IKLAN

‘’Mandalika, siapa yang tak mengenalnya kini? Di sana ada sirkuit balap berkelas dunia yang siap menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP,’’ tulis Presiden di akun Instagramnya.

‘’Tapi Lombok bukan hanya Mandalika. Siapapun yang berkunjung ke Lombok, NTB akan terpesona oleh bentang alamnya, dari laut sampai gunung. Pantai Tangsi, Gili Trawangan, Gunung Rinjani, air terjun Sendang Gile, Bukit Merese, desa-desa adat dan sebagainya. Lombok bukan hanya Mandalika,’’ tegas Presiden.

Selain dalam bentuk narasi, Presiden juga menampilkan video pendek berdurasi 41 detik dengan model animasi yang menggambarkan ragam destinasi wisata di Lombok tersebut. Hingga Minggu, 16 Januari 2022, postingan orang nomor satu di Indonesia itu telah ditonton oleh lebih dari setengah juta penonton dan mengundang ribuan respons dari para follower.

Presiden Jokowi sendiri memiliki 44,5 juta pengikut di Instagram dan telah membagikan lebih dari 3000 postingan, baik dalam bentuk foto, infografis maupun video. Sebagai Kepala Negara, setiap konten yang dibagikan ke publik akan mendapatkan respon dari jutaan masyarakat Indonesia dan tentunya memiliki dampak yang besar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi NTB H. Yusron Hadi ST, M.UM mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Presiden yang telah begitu aktif mempromosikan pariwisata NTB. Selain promosi melalui medsos, saat berkunjung ke NTB pekan kamarin, Presiden juga menyempatkan diri berkunjung ke sentra ekonomi kreatif di Mandalika.

‘’Terima kasih banyak Bapak Presiden kita Bapak Jokowi telah turut serta mempromosikan pariwisata NTB dengan memposting giat di Sirkuit Mandalika berikut kunjungan ke sentra ekraf selama kunjungan kerja dalam rangka melihat kesiapan event motoGP di mandalika 18-20 Maret mendatang,’’ kata Yusron.

Kadispar mengundang masyarakat Indonesia untuk datang menonton MotoGP bulan Maret mendatang sambil mengeksplorasi destinasi wisata di Lombok dan Sumbawa.

“Ayo Sahabat Wisata datang menonton MotoGP sembari tetap berwisata di Lombok-Sumbawa, wisata alam yang eksotik, seni-budaya yang unik dan wisata adventure/sport yang pastinya menantang membuat pengalaman berwisata sahabat seperti tanpa batas,” tutupnya.(ris)