Usai Covid-19, Ridwan Kamil Harapkan Generasi Muda Indonesia Lebih Tangguh

H. Ridwan Kamil (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Dr (HC) Ridwan Kamil mengharapkan masa depan generasi mendatang setelah Coronavirus Disease (Covid-19) berakhir menjadi lebih tangguh dan lebih adaptif. Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini tidak ingin generasi muda Indonesia kalah saing dengan teknologi yang berkembang saat ini, sehingga ketinggalan zaman.

Untuk itu, ujarnya, dalam mengembangkan pendidikan mengikuti perkembangan teknologi, khususnya teknologi 4.0 yang mampu beradaptasi dengan teknologi dan bisa dipergunakan secara bersama-sama. Atas  dasar itulah, dirinya bersama rombongan besar datang ke NTB untuk menjalin kerjasama di banyak sektor, baik di sektor pendidikan, ekonomi, pariwisata, teknologi dan lainnya.

‘’Kita sama-sama fokus pada teknologi 4.0. tapi itu nanti kita bisa bicara lebih teknis, karena kemarin juga dari Dinas Perindustrian NTB juga ke Bandung. Mereka ingin alat-alat canggih bisa dipergunakan bersama.  Tapi intinya buat anak cucu kita. Mereka hidup pasca Covid ini menjadi lebih tangguh dan adaftif. Dan tentunya lebih bisa bersaing di masa depan,’’ ujarnya saat memberikan keterangan pers Jabar – NTB Connecting di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB, Kamis, 17 Desember 2020.

Dirinya bersama istri Atalia Praratya dan rombongan besar dari Jabar datang ke NTB untuk menjalin kerjasama di berbagai bidang dan sektor ke depan. Mantan Walikota Bandung ini menyebut, dirinya tidak hanya membawa tim ekonomi kreatif, tapi membawa Dinas Pariwisata, perbankan dan sejumlah pengusaha dari Jabar.

Menurutnya, mereka mau melihat lahan di NTB, khususnya di Kawasan  Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika untuk berinvestasi. Diakuinya, pengusaha di Bandung cukup banyak, tapi karena sering telat mendapatkan informasi tidak bisa berinvestasi di NTB. ‘’Jangan hanya Jakarta Sentris. NKRI ini kan luas. Jadi karena komunikasi kurang, sehingga info tidak sampai. Itulah contohnya,’’ ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., MSc. Menurutnya, NTB pantas bekerjasama dengan Jabar di bidang pendidikan, karena banyak perguruan tinggi ternama ada di Jabar, seperti Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor dan lainnya. Bahkan, banyak warga NTB yang kuliah dan menjadi tenaga pengajar di perguruan tinggi di Jabar ini, sehingga hubungan di bidang pendidikan harus terus dilanjutkan. (ham)