Upacara HUT RI Ke-76 Berlangsung Khidmat, Bupati Ingatkan Tidak Cepat Puas dengan Capaian yang Ada

Bupati dan wakil Bupati Dompu menyalami Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Dompu, A Halik, BA atas suksesnya penyelenggaraan peringatan detik – detik proklamasi ke 76, Selasa (17/8). (suarantb/ist)

Dompu (Suara NTB) – Upacara peringatan detik-detik proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia di lapangan kantor Bupati Dompu berlangsung khidmat dan sukses. Bupati Dompu, Kader Jaelani langsung bertindak sebagai inspektur upacara saat pengibaran bendera dan Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar, A.Md.Par sebagai pembaca teks proklamasi.

Kapten Inf Muhammad Yamin, komandan Koramil 1614-01 Dompu bertindak sebagai komandan upacara, Kapten Inf Hamzah (Pasi Ops Kodim 1614/Dompu), dan kepala kantor Kementrian Agama Kabupaten Dompu, Drs H Syahrir, M.Si yang membaca doa. Bupati Dompu sebagai inspektur upacara yang berada di teras depan kantor Bupati langsung menyalami komandan upacara yang berada di tengah lapangan sebelum kembali ke tempat duduknya dan disambut tepuk tangan undangan serta peserta upacara.

Iklan
Bupati Dompu, Kader Jaelani dan wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan, ST, MT saat memasuki lapangan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke 76 tahun 2021, Selasa (17/8) pagi.(Suara NTB/ula-hms dpu)

Upacara peringatan detik-detik proklamasi ke-76 ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya hanya dilakukan pembatasan peserta dan tamu undangan, pada upacara tahun ini pesertanya hanya dari anggota TNI, Polri, dan Pol PP. Begitu juga pada jajaran kursi undangan, para pejabat tidak terlihat hadir. Namun tokoh Dompu, Prof Dr H Burhanuddin Magenda beserta pengurus P3S serta pengrus Legium Veteran terlihat hadir di tengah undangan yang sangat terbatas.

Bupati Dompu, Kader Jaelani kepada Suara NTB usai upacara peringatan detik-detik proklamasi, Selasa, 17 Agustus 2021 mengajak semua pihak untuk tidak cepat berpuas diri dengan capaian yang ada. Tapi secara bersama-sama mengisi kemerdekaan dengan dengan membangun sesuai bidang keahlian dan profesi masing-masing. “Jangan pernah berpuas diri dengan capaian yang ada. Mari kita sama-sama bekerja membangun daerah dan bangsa ini sesuai bidang tugas masing-masing,” katanya.

Bupati Dompu, Kader Jaelani menyerahkan bendera kepada Nur Abidah Koumala saat pengibaran bendera merah putih, Selasa (17/8) pagi.(Suara NTB/ula-hms dpu)

Apalagi saat ini, lanjut Kader Jaelani, pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman dan dibutuhkan kebersamaan untuk sama-sama melaluinya. “Tanpa kebersamaan dan bahu membahu untuk membangun bangsa, kita tidak akan mungkin bisa maju dan mengisi kemerdekaan ini,” ungkapnya.

Prof Dr H Burhanuddin Magenda mengatakan, di tengah situasi sulit akibat pandemi Covid-19 dibutuhkan kebersamaan segenap eleman bangsa dalam membangun. Kepemimpinan yang ada, baik di daerah maupun pusat harus sama-sama dikawal dan didukung agar bisa keluar dari situasi sulit akibat pandemi Covid-19. “Ayo kita dukung bersama membangun daerah ini untuk bisa jauh lebih maju,” harapnya.

Bupati Dompu, Kader Jaelani bersama istri dan Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan, ST, MT bersama istri.(Suara NTB/ula-hms dpu)

Usai upacara peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera di lapangan kantor Bupati, Bupati beserta anggota FKPD mengikuti upacara virtual peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih di istana negara Jakarta. Upacara virtual ini dilakukan dari aula pendopo Bupati.

Upacara pengibaran bendera merah putih pada peringatan detik- detik proklamasi kemerdekaan tahun 2021 ini dilakukan pasukan 8 dan pasukan 17 dari putra putri pilihan SMA sederajat se Kabupaten Dompu yang dikukuhkan pada Minggu (15/8) sore. Nur Abidah Koumala, siswi SMAN 1 Dompu pembawa baki pagi dengan Fitrah Hidayatullah, M Aminullah, dan Naufal Handika Putra sebagai pasuk penggerek bendera pagi. Meutia Cahya Chairani siswi SMAN 1 Dompu sebagai pembawa baki sore dengan Sultan Arya Prabowo, Hafedul Ramadhani, dan M Adzim Kusuma Gani pasukan penggerek sore, serta Ramadhan Danton Pasukan 17. (ula/*)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional