Unram Undur PKKMB hingga Agustus Mendatang

Suasana saat digelar rapat persiapan PKKMB Unram yang akan dilakukan secara daring pada Agustus mendatang. (Suara NTB/dys)

Mataram (Suara NTB) – Universitas Mataram (Unram) menunda kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan itu ditunda hingga bulan Agustus mendatang. Kepastian penundaan diungkapkan Wakil Rektor III Unram Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si.

“Ada perubahan mendadak mengenai tanggal pelaksanaan mundur akhir atau awal Agustus” kata Prof. Enny, Senin, 6 Juli 2020.

Iklan

Sementara hal lainnya, ujarnya, tidak mengalami perubahan. Hanya tanggal pelaksanaan saja yang mengalami perubahan. Sebelumnya Unram telah menjadwalkan kegiatan PKKMB dijadwalkan akan berlangsung mulai 15-17 Juli mendatang. Bahkan secara teknis Unram telah merumuskan konsep kegiatan PKKMB secara daring.

Hingga petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis PKKMB pun sudah rampung. Hal Ini menyusul belum berakhirnya pandemi virus Corona (Covid-19). Bahkan kegiatan secara teknis akan dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom.

Dikatakan Prof. Enny adanya pandemi Covid -19 mengubah seluruh konsep kegiatan kemahasiswaan, terlebih dengan keluarnya panduan PKKMB Tahun 2020 yang diinstruksikan untuk dilaksanakan secara daring.

Kegiatan PKKMB dilaksanakan secara metode daring dengan memanfaatkan media kreatif atau teknologi informasi. Nantinya sebanyak 983 mahasiswa baru yang telah lulus seleksi jalur SNMPTN akan mengikuti kegiatan ini. Selain itu, PKKMB akan melibatkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Para peserta akan diberikan materi terkait dengan Kebijakan Merdeka Belajar.  Kampus Merdeka  dan penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Selain informasi akademik, kemahasiswaan, kerjasama dan penanaman wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara serta cinta NKRI.

Sementara, Menteri PSDM BEM Unram 2020 Anggun Firmansyah meminta pihak kampus agar memperhatikan akses internet para peserta PKKMB mendatang.  “Sebelum membahas terlalu jauh tentang konsep PKKMB, Birokrasi Unram harus memastikan fasilitas kuota untuk mahasiswa baru. Itu merupakan dasar dari semua ini,” jelasnya.

  Selama Corona, Unram Fasilitasi Mahasiswa dengan Kuota 30 GB

Selain itu, BEM meminta agar PKKMB online diminta harus rasional pelaksanaannya, tidak dilaksanakan sampai sore. Hal itu menimbang dari evaluasi kuliah daring yang dirasa tidak efektif. (dys)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here