Unram Kembali Kukuhkan Tiga Guru Besar

Suasana pengukuhan tiga guru besar tetap Unram, Kamis, 27 Mei 2021.(Suara NTB/ ist)

Mataram (Suara NTB) – Universitas Mataram (Unram) kembali mengukuhkan tiga orang guru besar tetap bertempat di ruang Sidang Senat gedung Rektorat Unram,  Kamis, 27 Mei 2021. Pengukuhan dilakukan dengan menerapkan protokol Covid dan secara daring melalui zoom serta kanal YouTubeUnram.

Ketiganya ialah Prof. Dr. Ir. H. Moh. Hasil Tamzil, M.Si., sebagai guru besar dalam Bidang Ilmu Ternak, Prof. Ir. Budi Indarsih M.Agr.Sc., PhD., sebagai guru besar dalam BidangBioteknologi Pertanian, dan Prof. Ir. Sulaiman Ngongu Depamede, B.Sc., M.Biotech., PhD menjadi guru besar BidangBioteknologiPeternakan.

Iklan

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., MSc., yang diwakili Asisten III Sekretariat Daerah NTB Bidang Administrasi Umum dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., MPH., mengatakan tambahan tiga guru besar Unram diharapkan dapat memperkuat khazanah keilmuan dan kedudukan Unram sebagai universitas yang terkemuka dan mewakili NTB.

Dijelaskan, pada banyak kesempatan Pemda NTB bergandengan dengan akademisi Unram telah mulai mengalirkan beberapa program yang diharapkan tidak hanya jaya di universitas, tetapi bisa diaplikasikan di masyarakat dan membawa manfaat besar kepada masyarakat. Sehingga keberadaan universitas sebagai pusat pengembangan ilmu juga dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat dengan dukungan dan kerjasama dari pemda.

Beberapa kegiatan terakhir yang dikerjasamakan, bergandengan antara PemdaNTB dengan Unram antara lain kegiatan pembuatan rapid antigen Entram (NTB-Unram) yang saat ini tengah menjalani validasi di Unair dan Unpad.

“kita harapkan kalau sudah menjalani validasi, bisa masuk ke dalam kancah nasional, artinya bisa dipakai secara nasional dan ini sangat menguntungkan bagi kita,” paparnya.

Entram menjadi bukti yang mengukuhkan bahwa pemda dan akademisi betul-betul bersama untuk masyarakat. Gubernur sudah menugaskan Prof. Dr. Dr. Mulyanto (selaku pimpinan Laboratorium Hepatika Mataram sekaligus guru besar Universitas Mataram dan mantan Rektor Unram yang ke-6) untuk lanjut dengan proses pembuatan vaksinasi.

“Kita mengharapkan Prof. Mul dan tim dari Unram bisa menjalankan amanah ini dan bisa berhasil, sehingga nantinya bisa mengangkat nama Unram dan nama Pemda NTB,” tambahnya.

Kebanggaan Pemda NTB kepada Unram merupakan kebanggaan yang dirasakan bagaimana provinsi yang secara penduduk ataupun secara lokasi, bukan termasuk provinsi yang besar tetapi secara ilmiah bisa menjadi yang terkemuka di Indonesia.

“Itu tidak gampang, saingan kita adalah universitas-universitas yang besar, tapi UniversitasMataram kami salut karena dalam waktu singkat bisa melaju menyalip universitas-universitas yang lebih dulu hadir di Indonesia,” lanjut mantan Kepala Dinas Kesehatan NTB ini.

Rektor Unram Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH., M.Hum., berharap dengan adanya tambahan tiga guru besar berdampak pada kinerja institusi Unram.

“Semoga dengan bertambahnya jumlah Profesor/Guru Besar, kinerja institusi akan lebih baik lagi lebih-lebih di tengah persaingan global di era disrupsi ini,” ungkapnya.

Dikatakan jumlah Guru Besar Unram terus meningkat dan jumlah yang pensiun juga bertambah. Setidaknya tahun ini ada 3 guru besar yang akan pensiun. Karena itu agar persentase jumlah guru besar sesuai dengan kontrak kinerja dengan kementerian dapat dicapai, maka guru besar yang sudah mencapai masa pensiun dapat kita berikan NIDK (Nomor Induk Dosen Khusus) yang berlaku sampai usia 79 tahun. Oleh sebab itu, pihaknya menunggu usulan dari Prodi/Fakultas untuk memperpanjang pengabdian guru besar yang masih dibutuhkan.

“Kami berharap kepada guru besar untuk terus meningkatkan penelitian baik skema percepatan guru besar yang dilakukan bersama dosen Lektor Kepala maupun skema dana kompetitif nasional dan internasional sehingga publikasi kita, prototipe industri, dan produk-produk inovasi lebih banyak kita hasilkan untuk kemajuan kinerja institusi dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat,” jelasnya. (dys)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional