“Unram Choir Competition”, Jaring Bakat Paduan Suara Pelajar

Mataram (suarantb.com) – Universitas Mataram (Unram) kembali menggelar perlombaan di bidang seni paduan suara yang disebut Unram Choir Competition (UCC). Dan tak hanya menyasar pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), UCC juga mengundang masyarakat umum dan kalangan mahasiswa untuk bertanding unjuk kebolehan dalam seni olah suara ini.

Ketua Panitia UCC, Syarif Hidayat menjelaskan UCC 2016 ini merupakan hasil pengembangan dari lomba Komposer tahun 2013 lalu. Dengan peserta hanya berasal dari siswa SMA. “Kalau dulu pesertanya hanya dari pelajar SMA dan internal Unram. Sekarang kita buka untuk masyarakat umum dan kalangan mahasiswa,” ujarnya.

Iklan

Tahun ini, UCC berhasil mendatangkan tujuh tim paduan suara SMA yang bertarung pada Sabtu, 10 Desember 2016. Tujuh tim tersebut berasal dari SMAN 1 Mataram, SMAN 2 Mataram, SMAN 3 Mataram, SMAN 6 Mataram, SMAN 7 Mataram, MAN 1 Mataram, MAN 2 Mataram dan SMKN 1 Selong. Walaupun ditujukan sebagai lomba paduan suara tingkat SMA se-NTB, baru sedikit peserta yang mendaftar.

“Kita tujuannya lomba ini untuk sekolah-sekolah se-NTB. Tapi, untuk SMA di luar daerah masih belum ada, karena terkendala dana. Kita juga tidak bisa memberikan bantuan akomodasi atau apa. Jadi, baru sekolah-sekolah di Mataram saja yang ikut,” jelasnya.

Sementara untuk masyarakat umum, Syarif mengaku tidak ada peserta yang mendaftar. Sedangkan untuk tingkat mahasiswa, ada tiga kampus yang turun. Yakni tim paduan suara asal Unram sendiri, Poltekes Mataram dan Universitas Muhammadiyah Mataram.

Perlu diketahui, untuk lomba kategori SMA disebut Composer dan tingkat umum dan mahasiswa disebut kategori Chorus. Setelah dilakukan penjurian dengan menekankan pada segi kemampuan vokal masing-masing tim paduan suara tersebut, serta dengan tambahan nilai dari koreografi dan kekompakan tim. Untuk kategori Composer, SMAN 2 Mataram berhasil menyabet gelar juara pertama. Disusul SMAN 1 Mataram dan MAN 2 Mataram di posisi dua dan tiga. Di sisi lain, kategori Chorus kembali dimenangkan PSM Birama Unram. Tim ini juga menang pada UCC tahun sebelumnya.

Bertolak dari prestasi tim paduan suara UKM Paduan Suara Unram, yang sekarang berganti nama menjadi UKM Seni dan Budaya Unram inilah UCC 2016 dilaksanakan. Syarif menyatakan, melalui UCC para pelajar bisa mengenal UKM ini. Sekaligus menarik minat mereka untuk bergabung, yang tentunya dengan jalan mendaftar sebagai mahasiswa Unram terlebih dahulu.

“Paduan suara kita sudah lumayan diakui eksistensinya. Seperti pas MTQ kemarin kita didaulat untuk menyanyikan Mars MTQ saat malam pembukaan. Acara-acara lain kita juga sering ngisi,” imbuh Syarif. (ros)

  Hari Ini, NTB Nihil Kasus Baru Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here