Unram Bentuk Tim Humas di Tiap Fakultas

Suasana pengarahan untuk pembentukan tim humas di tiap fakultas yang ada di Unram. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Keberadaan humas perguruan tinggi (PT) sangat penting untuk menyampaikan kegiatan positif lembaga pada masyarakat. Oleh sebab itu, kerja-kerja kehumasan harus didukung semua elemen di setiap fakultas.

Kepala Biro Umum dan Keuangan Universitas Mataram (BUK Unram) H. Aman, SP., saat memberikan pengarahan sekaligus membangun koordinasi dengan humas di Lingkungan Unram belum lama ini, menegaskan humas memiliki peran penting dalam mengawal kegiatan lembaga dan membawa nama baik lembaga di media massa maupun di tengah masyarakat.

Dia pun mengatakan sangat perlu untuk dibentuk tim humas di setiap fakultas dan lembaga di lingkungan Unram, mengingat banyaknya kegiatan universitas termasuk yang ada di fakultas-fakultas maupun lembaga.

“Selama ini yang bergerak adalah tim Humas yang ada di rektorat, jadi melalui forum ini kita ingin menginisiasi terbentuknya tim humas di fakultas dan lembaga,” ujarnya.

Hal demikian menjadi sangat penting agar seluruh informasi berkaitan dengan kegiatan-kegiatan kampus di setiap fakultas dapat diketahui publik.  “Agar ke depan jika ada acara, tim Humas di fakultas bisa berkordinasi dengan tim humas rektorat, sehingga memudahkan untuk publikasi di media cetak maupun media online, sehingga menjadi terpadu, ” sambungnya.

Selain itu, Kepala BUK Unram juga meminta kepada seluruh staf yang telah ditunjuk sebagai tim humas fakultas dan lembaga di lingkungan Unram agar bisa melaksanakan tugas kehumasan mereka dengan sebaik-baiknya. Sehingga Unram semakin dekat dan namanya semakin harum di tengah masyarakat.

“Humas ini merupakan corong, merupakan juru bicara yang menyampaikan kepada masyarakat tentang aktivitas yang ada di lembaga,” ujarnya.

Sementara itu Koordinator Humas Unram Khairul Umam, S.H., M.H., mengatakan humas  memiliki peran penting dan strategis dalam mengklarifikasi segala hal yang berkaitan dengan organisasinya. Laki-laki yang akrab disapa Umam itu bahkan mengutip pernyataan Bill Gates selaku Bos Microsoft yang merupakan orang terkaya ketiga di dunia yang pernah menyampaikan bahwa jika ia memiliki uang terakhir, maka uangnya akan digunakan untuk membangun relasi publik atau humas. “Begitulah pentingnya humas,” sebutnya.

Dia melanjutkan, Humas Unram memiliki peran besar dalam membangun kepercayaan masyarakat, sehingga masyarakat mempercayakan pendidikan anak-anak mereka kepada kampus nomor satu di NTB ini. Sebab humas adalah fungsi strategis dalam manajemen yang melakukan komunikasi untuk menimbulkan pemahaman dan penerimaan dari publik.

“Itulah mengapa Humas sangat penting, karena jika kita sudah diterima oleh publik maka kita tidak memerlukan modal yang lain,” katanya. (dys)