Universitas 45 Mataram Terima Kuota 50 Anak KPM PKH

Evron Asrial (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Universitas 45 Mataram membuka peluang bagi anak-anak dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial di NTB, untuk masuk kuliah di kampus tersebut. PKH juga merupakan salah satu Instrumen pemerintah dalam  memutus mata rantai kemiskinan antargenerasi.

“Kami punya kuota 50 orang,” kata Rektor Universitas 45 Mataram Dr. Evron Asrial, M.Si., pada Suara NTB, Selasa, 14 Juli 2020.

Iklan

Menurutnya, kampus yang dipimpinnya membuka peluang selebar-lebarnya bagi anak-anak KPM PKH untuk menjadi mahasiswa di Universitas 45 Mataram. Apalagi dia menilai Program Kemensos ini memiliki sumber data yang jelas tentang kepesertaan penerima bantuan sosial (bansos).

“Kalau Universitas 45 Mataram tanpa tes karena seleksi dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat karena kami bekerja sama dengan istansi tersebut sejak 2019 yang lalu,” ujarnya.

Diakui bahwa program PKH adalah Program Jaminan Sosial. Ada banyak anak berprestasi di kalangan penerima manfaat, baik prestasi akademik  maupun bidang lainnya. Potensi tersebut harus dipoles dan didukung berbagai kalangan agar generasi harapan dengan keterbatasannya bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Hanya saja, karena ketidakmampuan secara ekonomi, membuat orang tua tidak berdaya untuk menyekolahkan anaknya sampai ke Perguruan Tinggi. Kondisi tersebut seolah menutup harapan dan semangat generasi yang tadinya memiliki potensi.

Namun kini sudah ada kesempatan melalui program nasional Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, sangat terbuka kesempatan bagi anak PKH. Anak-anak KPM PKH harus memiliki harapan  untuk melanjutkan pendidikan. Hanya saja kata Rektor, calon mahasiswa dari KPM PKH yang diterima ialah lulusan tahun 2019-2020. “Dengan melihat transkrip nilai mereka dan tahun lulus yang kami terima tahun 2019 dan 2020,” ujarnya.

  Tidak Bisa Buat Karya Tulis, 3.878 Guru Lotim Terkendala Naik Pangkat

Terkait program KIP Kuliah, prosedurnya akan dipermudah, yang terpenting anak penerima PKH memiliki semangat kuliah.

Dikatakan untuk anak-anak KPM PKH akan menjadi prioritas untuk masuk di Universitas 45 Mataram. Asal mereka punya keinginan kuat untuk kuliah menjadi landasan untuk berubah kearah lebih baik. (dys)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here