Unit Dikpora Selong Bangun Motivasi Belajar

Selong (Suara NTB) – Untuk menguatkan motivasi belajar guru dan siswa, unit Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kecamatan Selong mencetuskan program semangat pagi. Dengan program itu,  diyakini akan dapat membangkitkan kembali semangat belajar guru maupun siswa. Demikian disampaikan Kepala Unit Dikpora Kecamatan Selong, Muhir, S.Pd pada Suara NTB, Senin (25/7/2016).

Ia menilai, dicetuskannya program itu karena sejauh ini semangat belajar baik guru maupun siswa mengalami penurunan. Sementara salah satu faktor dalam peningatan motivasi belajar siswa itu dengan bangkitnya semangat belajar. Dalam penerapannya, pihaknya tetap menyambangi sekolah-sekolah khususnya tingkat sekolah dasar (SD). “Saat ini kita lebih prioritaskan pada sekolah tingkat SD, walaupun SMP sendiri juga tidak lupa kita garap untuk menerapkan program ini, karena tanpa adanya motivasi yang kuat, pembelajaran itu tidak akan berjalan dengan maksimal,” jelasnya.

Dengan menghidupkan program semangat pagi, Muhir meyakini jika energi dalam dunia pendidikan itu akan lebih terasa, karena ke depan siswa maupun guru dalam melakukan proses belajar mengajar (PBM) tidak akan terkesan monoton. Melainkan ide-ide kreatif diharapkan dapat keluar dari guru dalam memberikan materi pembelajaran terhadap siswa.

Selain itu, inovasi-inovasi dalam suatu pembelajaran itu akan dapat ditampilkan dalam upaya mengajak siswa mandiri menuju pendidikan yang lebih baik. “Dengan program semangat pagi ini guru diharapkan lebih kreatif dengan inovasi dan ide-ide kratif, sehingga pembelajaran tidak monoton,” harapnya.

Oleh sebab itu, program semangat pagi harus tetap diberdayakan, karena semangat pagi memiliki energi yang cukup besar dan bisa digali oleh siapapun warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di suatu sekolah tersebut. Dengan pemberdayaan inilah, sambungnya, akan mengisyaratkan betap pentingnya bagi siapapun dan menjadi penguat dalam menuju dunia pendidikan khususnya di Kecamatan Selong yang lebih baik. (yon)