UNDP Puji Spirit Masyarakat Lombok Bangkit dari Bencana

Norimaja Shimomura (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB)Resident Representative United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, Norimaja Shimomura memuji spirit masyarakat Lombok yang mampu bangkit dari bencana besar gempa bumi tahun 2018 lalu.  UNDP menggelontorkan bantuan sebesar 25 juta euro untuk pemulihan bencana gempa bumi Lombok dan Sulawesi Tengah.

‘’Ini kunjungan pertama saya ke Lombok. Saya melihat Lombok ini daerah yang sangat indah. Saya juga melihat spirit dan juga keramahtamahan yang ditunjukkan masyarakat di Lombok,’’ ujar Shimomura dikonfirmasi usai bertemu Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., di Pendopo Gubernur, Selasa, 30 November 2021.

Iklan

Shimomura menjelaskan, UNDP pascabencana gempa bumi Lombok 2018 lalu, ada sejumlah kerja sama dengan NTB. UNDP bersama Bank Pembangunan Internasional Jerman berkomitmen menyalurkan bantuan sebesar 25 juta euro untuk proses pemulihan pascabencana di Lombok dan Sulawesi Tengah.

UNDP melakukan kegiatan rekonstruksi pascabencana seperti merekonstruksi bangunan sekolah, rumah sakit, puskesmas, dan pustu. Shimomura turun ke Lombok untuk melihat pembangunan yang telah dilakukan.

‘’Dalam kunjungan bertemu dengan masyarakat, kami juga membantu peningkatan ekonomi. Saya melihat masyarakat tidak hanya diam menunggu. Tapi juga aktif mencari alternatif peningkatan kegiatan ekonomi,’’ tuturnya.

Pada saat pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia, pihaknya sempat sedikit khawatir bahwa kegiatan pemulihan pascabencana Lombok akan terhenti. Tetapi kemudian Pemerintah Jepang mendatangi UNDP dan memberikan komitmen untuk terus mendukung dan memberikan perhatian tentang pentingnya pelibatan kaum perempuan dan kelompok difabel untuk pemulihan pascabencana Lombok.

‘’Dalam kunjungan saya ke Desa Sambik Elen dan daerah lain di Lombok. Saya melihat masyarakat sangat antusias mengikuti program yang kami lakukan,’’ kata Shimomura. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional