Undikma Latih Para Pemuda Hasilkan Produk Kebutuhan Rumah Tangga

Para pemuda sedang dilatih membuat produk kebutuhan rumah tangga seperti sabun deterjen. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Berbagai sumber daya yang dimiliki oleh Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) Mataram terus dikembangkan dan didedikasikan kepada masyarakat. Sehingga keberadaan UNDIKMA betul-betul dirasakan secara nyata manfaatnya dalam memberdayakan masyarakat menuju kemandirian ekonomi.

Bentuknya adalah melalui pelatihan-pelatihan berbasis kebutuhan masyarakat sehari-hari seperti yang dilaksanakan oleh Tim Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Undikma. KKN PPM ini diketuai oleh Ahmadi, M.PKim., dan Anggota Sri Nopita Primawati, S.Si., M.Si., yang melaksanakan kegiatan di Desa Aik Dareq, Kabupaten Lombok Tengah.

Iklan

Ahmadi, menjelaskan KKN PPM bertemakan “Pengembangan Sosio Chemoentrepreneurship dalam produksi bahan kebutuhan rumah tangga berbasis sodium lauril sulfonat”.  Diharapkan nantinya peserta pelatihan yang terdiri dari para anggota karang taruna, dapat membuat produk kebutuhan rumah tangga secara mandiri. Seperti Sunlight, sabun cuci baju, softener, parfum, dan kebutuhan lainnya.

Untuk diketahui pelatihan pembuatan sabun cuci dan yang lainnya selalu mendapat antusias dari masyarakat khususnya ibu-ibu dan remaja di desa. Karena dengan mengikuti pelatihan tersebut, mereka menjadi paham bagaimana membuat sabun, parfum, sabun cuci.

Selain itu, jelasnya, peserta pelatihan dilatih cara mencampur bahan-bahan sesuai dengan produk yang akan dihasilkan, sementara bahan bakunya sendiri banyak diperjualbelikan di toko-toko. Untuk itu, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh bahannya jika ingin memproduksi kembali. (dys)