UN SMA/MA Dimulai Hari Ini

Mataram (Suara NTB) –  Sebanyak 786 Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) mulai Senin (10/4) hari ini sampai dengan Kamis (13/4) nanti. Dengan rincian 260 SMA/MA akan melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK), sedangkan 536 SMA/MA mengikuti UN Kertas Pensil (UNKP).

Ketua Panitia UN NTB yang juga Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Sukran mengatakan, persiapan untuk UN, baik UNBK maupun UNKP sudah berjalan dengan baik dan siap dilaksanakan. “Pelaksanaan UN sudah siap,” katanya ditemui di Mataram, pekan kemarin.

Iklan

Berdasarkan data Dinas Dikbud NTB, sebanyak 30.235 siswa SMA/MA akan mengikuti UNBK dan 20.290 siswa SMA/MA mengikuti UN Kertas Pensil (UNKP). Mata pelajaran yang akan diujikan  pada UN SMA nanti berturut dari tanggal 10 sampai dengan 13 April, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan salah satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan.

Pendistribusian Soal UNKP bagi SMA di NTB dilaksanakan pada Jumat (7/4) dan Sabtu (8/4). Pada Jumat lalu soal UNKP didistribusikan ke SMA yang berada di Pulau Sumbawa. Sedangkan di hari Sabtu pendistribusian soal UNKP SMA ke sekolah yang berada di Pulau Lombok.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB, Drs. H. Surya Bahari mengatakan soal UNKP SMA sudah datang bersamaan soal UNKP SMK. Terkait antisipasi kebocoran soal, menurutnya pengamanan sudah dilakukan dengan melibatkan pihak kepolisian untuk menjaga soal UNKP SMA.

Disinggung mengenai kekurangan soal UNKP seperti yang diberitakan sebelumnya, Surya mengatakan semua soal sudah lengkap, dan pelaksanaan UNKP siap dilaksanakan. Sebagai antisipasi gangguan dalam UNBK, koordinasi dengan PLN dan Telkom untuk listrik dan jaringan internet juga sudah dilakukan.

Terpisah, Kepala SMAN 1 Mataram, Drs. H. Lalu Fatwir Uzali, S.Pd., M.Pd., persiapan di sekolah sudah berjalan dengan baik. Semua komponen seperti siswa, pada Jumat lalu sudah diberikan sosialisasi UNBK, mengenai tata tertib dan lainnya.

“Kemudian komponen yang lain yang ada di ruangan, ada proktor, teknisi, dan kita di rayon satu sudah melakukan desiminasi. Ada empat ruang untuk UNBK di SMAN 1, setiap hari ada delapan pengawas dari guru luar SMAN 1,” katanya. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here