Ummat Gelar Expo Digital pada Penutupan KKNMAs 2021

Rektor UMMAT, H. Arsyad Abd Gani (duduk, tiga dari kiri) berfoto bersama saat penutupan penutupan KKNMAs bersamaan dengan Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat sekaligus Expo Digital KKNMAs 2021.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) menutup kegiatan Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAs) yang telah dilaksanakan sejak 9 Agustus 2021. Kegiatan KKNMAs diikuti sebanyak 648 mahasiswa dari 29 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) seluruh Indonesia.

Para peserta disebar ke 52 desa di Lombok Barat dan Lombok Utara. Dengan tagline Muhammadiyah Bergerak untuk Bangsa, mereka bersinergi dengan pemerintah daerah setempat dan fokus pada empat program kerja yaitu Pencegahan Pernikahan Dini, Penurunan Angka Stunting, Pemberdayaan UMKM, dan Pengembangan Pariwisata.

Iklan

Agenda penutupan dilaksanakan bersamaan dengan Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat sekaligus Expo Digital KKNMAs 2021 yang dibuka oleh Wakil Sekretaris Majelis Dikti, Muhammad Adam, MT., P.hD., yang menegaskan KKNMAs merupakan program di bawah naungan Majelis Dikti sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan peran PTMA dalam menyelesaikan permasalahan bangsa.

“Program-program yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di lokasi KKNMAs untuk membantu pembangunan daerah yang bekerjasama dengan pemerintah setempat. Kegiatan ini juga sebagai sebagai bentuk pelaksanaan Catur Dharma PTMA,” ujarnya.

 Rektor Ummat, Dr. H. Arsyad Abd Gani, M.Pd., menyambut hangat 29 pimpinan PTMA partisipan untuk terus bekerja sama sebagai mitra dalam mengembang amanah persyarikatan untuk mencerdaskan anak bangsa melalui berbagai kegiatan ke depannya. Selain itu, ia mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan kegiatan dengan baik hingga akhir.

“Kegiatan KKNMAs ini sebagai permulaan dari kegiatan-kegiatan lainnya. Kita bisa melaksanakan berbagai program lainnya seperti kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan tentu saja sesama PTMA kita bisa melaksanakan kegiatan untuk penguatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan,” imbuhnya.

Ketua Panitia Pusat KKNMAs, Suwarno, M.Si. menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Pimpinan PTMA yang telah berpartisipasi. Selain itu ia juga berterima kasih kepada berbagai pihak lain yang turut serta menyukseskan kegiatan seperti Pemerintah Daerah di NTB khususnya Lombok Barat dan Lombok Utara, BKKBN, PDM, dan PCM Lombok Barat dan Lombok Utara dan khususnya Universitas Muhammadiyah Mataram.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu di bidangnya masing-masing untuk KKNMAs dan ini menjadi pengalaman berharga untuk kita semua untuk meningkatkan kegiatan serupa di masa mendatang,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, panitia memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada beberapa peserta yaitu Faslimun Ahyan F. dari Universitas Muhammadiyah Buton dengan kategori Terinspiratif, Haedar Gunawan dari Universitas Muhammadiyah Luwuk dengan kategori Kepemimpinan, Marianus Noeng Fandi dari Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung dengan kategori Toleransi, dan Busroni dari Universitas Muhammadiyah Pringsewu dengan kategori Motivator. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional