UMKM Lokal Diminta Pacu Kreativitas dan Produktivitas

Aktivitas produksi yang dilakukan sejumlah pekerja IKM di Lombok Barat, NTB di tengah pandemi Covid-19.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pandemi Covid-19 sebenarnya menyimpan peluang bagi para pelaku usaha yang jeli memanfaatkan situasi. Utamanya, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk itu, UMKM lokal di NTB diminta untuk terus memacu kreativitas dan produktivitas di tengah pandemi ini.

Seruan itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy di Mataram, Kamis, 27 Mei 2021.

Iklan

“Kita berharap, pandemi ini tidak menjadi halangan bagi para pelaku UMKM untuk terus memacu kreativitas dan inovasi, juga produktivitas,” serunya. Menurutnya, banyak jenis usaha yang justru berkembang pesat di tengah pandemi. Misalnya saja, usaha yang transaksinya berbasiskan teknologi daring alias online.

“Kalau kita cermati, banyak sekali pelaku usaha yang beralih ke sistim penjualan daring dan mereka bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Itu perlu menjadi contoh bagi pelaku UMKM lokal,” ujarnya.

Melalui berbagai kebijakannya, Pemprov NTB sendiri, ujar Najamuddin, terus mendorong agar UMKM tumbuh meski di tengah pandemi. Salah satu kebijakannya adalah melalui program JPS Gemilang yang beberapa waktu lalu mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Presiden Joko Widodo. “Kami di Pemprov NTB meyakini, UMKM tidak boleh mati di era pandemi ini. Karena UMKM adalah salah satu aktor penting yang berperan dalam menguatkan perekonomian kita. Untuk itu, ayo kita terus mencari peluang, mencari inovasi baru dan tetap menjaga semangat dan produktivitas,” pungkasnya. (aan)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional