Turnamen Futsal AFP NTB Championship Libatkan Puluhan Tim

H. Mori Hanafi. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Turnamen Futsal AFP NTB Championship digelar di Sport Hall GOR 17 Desember Turide Mataram, Rabu, 5 Januari 2022. Event yang dibuka oleh Ketua Umum Asprov PSSI NTB, H. Mori Hanafi itu melibatkan puluhan tim futsal yang tersebar di 10 kabupaten/kota di NTB.

Ketua Umum Asprov PSSI NTB, H. Mori Hanafi yang diwawancara Suara NTB, usai membuka turnamen futsal mengatakan pihaknya menyambut gembira terselenggaranya kompetisi futsal tersebut. Ia berharap event itu dapat dilaksanakan minimal satu kali dalam setahun sehingga hasil turnamen ini dapat menghasilkan  pemain futsal berbakat yang tentunya bisa berkiprah untuk daerah NTB di kancah nasional.

Iklan

“Kita harapkan turnamen futsal ini bisa terselenggara minimal satu kali dalam  setahun. Yang tentunya kita berharap lewat turnamen ini bisa menghasilkan pemain muda yang mampu berkiprah untuk NTB di kancah nasional,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD NTB ini mengatakan bahwa NTB harus punya banyak pemain muda yang dapat dipersiapkan mewakili NTB di kancah nasional, khususnya persiapan menghadapi PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024. Menghadapi PON tahun 2024, NTB harus punya minimal tiga klub terbaik untuk dipersiapkan mengikuti event nasional.

“Minimal NTB harus punya tiga tim terbaik dalam rangka persiapan menghadapi PON tahun 2024,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Umum (Sekum Asprov PSSI NTB, Agus Sukmayadi melaporkan  bahwa turnamen futsal tersebut dilaksanakan langsung oleh Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) NTB. Turnamen tersebut mempertandingkan langsung empat kategori, yakni di kelompok putra ada yang kategori usia 23 tahun yang melibatkan 20 tim, kemudian di usia 19 tahun diikuti 24 tim.

Selanjutnya, kategori usia 15 tahun melibatkan 22 tim dan kategori ke empat adalah Futsal wanita yang melibatkan delapan tim putri. “Tema turnamen Futsal ini adalah AFP NTB Futsal Championship 2022,” ucap Agus

Agus mengatakan bahwa dengan dipertandingkan kategori usia 15 tahun dan 19 tahun ke depan, AFP NTB dapat memunculkan bibit-bibit atlet muda penerus kejayaan Futsal di kompetisi nasional. Pasalnya di turnamen futsal nasional tim futsal NTB sudah mampu menyumbangkan medali perunggu di PON XX Papua tahun 2021.

“Tugas kami sebagai pengurus AFP NTB bagaimana mempertahankan prestasi yang sudah diraih tim Futsal NTB di PON. Dan kalau bisa prestasi yang sudah ada ditingkatkan,” harapnya. (fan)

Advertisement