Tuntaskan Perkada Pertama, Pemprov Rasionalisasi Anggaran Rp145 Miliar

H. Amry Rakhman (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Kepala Bappeda NTB, Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M. Si., mengatakan rasionalisasi anggaran dalam APBD NTB 2021 sudah tuntas. Jumlah anggaran yang dirasionalisasi sebesar Rp145 miliar yang kemudian dibuatkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada).

Namun untuk refocusing anggaran sebesar 8 persen dan pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp73 miliar, akan dimasukkan dalam Perkada kedua. “Tahap I, Perkada sudah. Ini masuk Perkada kedua. Masih kita inventarisasi. Perkada satu sekitar Rp145 miliar anggaran yang dirasionalisasi. Untuk yang kedua, kita hitung dulu. Masih bergerak minggu-minggu ini,” kata Amry dikonfirmasi Suara NTB di Mataram, kemarin.

Iklan

Ia menjelaskan Perkada kedua merupakan tindaklanjut dari pemotongan DAU dan DAK oleh Pemerintah Pusat yang nilainya sekitar Rp73 miliar. Kemudian refocusing anggaran sebesar 8 persen. “Besarnya sedang kita hitung ini,” katanya.

Amry menjelaskan program dan kegiatan yang berpengaruh, yaitu yang kena pemotongan. Sedangkan untuk program dan kegiatan yang tidak dipotong akan tetap berjalan.

“Kalau ada rasionalisasi pada bagian tertentu, maka itu saja. Yang tak terganggu jalan terus,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov NTB mempunyai kewajiban yang harus dibayar pada 2021. Yaitu, utang program/kegiatan 2020 yang belum dibayar tahun 2020 akibat refocusing dan realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19.

Untuk membayar utang terkait dengan program/kegiatan 2020, dilakukan perubahan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) APBD 2021. Semuanya merupakan  program/kegiatan yang ada di dalam APBD 2020. Baik program pokok-pokok pikiran (Pokir) dewan, program unggulan, hibah dan belanja barang jasa.

Selain itu, Pemerintah Pusat meminta Pemda untuk mengalokasikan dana pendamping vaksin sesuai kebutuhan. Dana tersebut digunakan untuk pemantauan dan sosialisasi kegiatan vaksinasi. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional