Tunjukkan NTB Bangkit Pascabencana, HUT Satpol PP dan Satlinmas akan Dihadiri 3.000 Peserta

Dirjaharta (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – NTB dipercaya sebagai tuan rumah Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) ke – 70 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke – 58 tahun 2020. Kegiatan skala nasional ini diperkirakan bakal dihadiri 3.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Kepala Satpol PP NTB, Drs. H. Lalu Dirjaharta, M. Si menjelaskan Provinsi NTB dipercaya sebagai tuan rumah HUT Satpol PP dan Satlinmas  berdasarkan hasil Rakornas tahun 2019.

Iklan

‘’Momen ini kita tunjukkan bahwa NTB ini sudah bangkit kembali dari bencana gempa,’’ kata Dirjaharta saat memberikan keterangan di Mataram, Jumat, 28 Februari 2020 sore.

Dengan menjadi tuan rumah, tentunya banyak hal yang diharapkan dari kegiatan yang acara puncaknya akan dilaksanakan 3 Maret mendatang. Acara puncak HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun 2020 akan di pusatkan di eks Bandara Selaparang.

Direncanakan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), H. Tito Karnavian akan menjadi inspektur upacara. Perwira Upacara Kasatpol PP Lombok Tengah dan Komandan Upacara, Kasatpol PP Kabupaten Sumbawa.

Tema yang diangkat dalam HUT Satpol PP dan Satlinas tahun 2020, kata Dirjaharta adalah “Peningkatan Profesionalisme Satpol PP dan Satlinamas untuk Indonesia Maju”. Tema ini diangkat karena tugas Satpol PP dan Satlinmas pada tahun ini sangat berat. Karena menyambut Pilkada serentak tahun 2020. Dan juga menyiapkan anggota Satlinmas dalam gelaran Pilkada 2020.

‘’Tugas Satpol PP dan Satlinmas menjadi sangat berat. Itulah kenapa tema ini diambil,’’ jelasnya.

Diharapkan, ke depan adanya peningkatan profesionalisme Satpol PP dan Satlinmas dalam  mendukung NTB Gemilang menuju Indonesia maju. Satpol PP juga harus bersikap aktif mencermati ketertiban di daerahnya dan menjaga stabilitas keamanan jelang pesta demokrasi Pilkada serentak 2020.

Sebelum acara puncak pada 3 Maret mendatang, Dirjaharta menjelaskan sudah dilakukan prakegiatan. Pada 21 Februari lalu, Satpol PP menggelar aksi bersih-bersih di eks Bandara Selaparang. Kemudian pada 28 Februari, Satpol PP melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Melase Senggigi bersama ASN Lombok Barat dan semua instansi vertikal.

Kegiatan yang dilakukan ini juga untuk mendukung program NTB Zero Waste. Kegiatan tersebut dilakukan di kawasan Sengggigi, untuk membangkitkan kembali kawasan pariwisata tersebut. Selain menumbuhkan kesadaran masyarakat setempat supaya cinta lingkungan.

‘’Seperti diketahui, wilayah Senggigi terkesan seperti tidak seperti 10 tahun yang lalu. Sehingga kita membangun dan membangkitkan kembali,’’ jelasnya.

Dirjaharta menyebutkan, pihaknya menargetkan jumlah peserta yang menghadiri HUT Satpol PP dan Satlinmas sebanyak 3.000 orang. Hingga saat ini, jumlah peserta yang sudah konfirmasi sebanyak 1.936 orang.

Selain itu, sebelum acara puncak, tanggal 1 Maret akan dilakukan Rakornas yang dihadiri Kasat Pol PP Kabupaten/Kota se-Indonesia. Sedangkan tanggal 2 Maret akan dilakukan bakti sosial donor darah yang akan bertempat di Gedung Sangkareang, Kantor Gubernur NTB. (nas)