Tunggakan Klaim BPJS di RSUD Tripat Tembus Rp5 Miliar

Ilustrasi

Giri Menang (Suara NTB) – Tunggakan pembayaran klaim pasien BPJS di rumah Sakit Tripat Gerung selama beberapa bulan terakhir menembus Rp 5 Miliar. Akibat tingginya piutang ini mengakibatkan pihak rumah sakit sedikit terkendala dari sisi operasional dan pelayanan, pihak rumah sakit terpaksa mensiasati dengan berutang dulu ke pihak ketiga, terutama berkaitan dengan pengadaan obat-obatan.

Dirut RSUD Tripat Gerung drg. Arbain Ishak mengatakan pihaknya sudah mengajukan klaim ke BPJS sebesar Rp5 miliar, sebagian besar sudah jatuh tempo tanggal 4 Oktober lalu. Dijelaskan, tunggakan klaim ini terhitung tiga bulan sejak Juni hingga Agustus. Sedangkan September belum diajukan klaim.

Iklan

Dalam mensiasati ini, pihaknya meminta pengertian dari pihak ketiga agar mau diutangi. Pihaknya menyelesaikan pembayaran utang sebelumnya yang sudah jatuh tempo, sedangkan yang belum diminta pengertian ke pihak ketiga. Untungnya pihak ketiga mau memahami kondisi ini.

Ia menambahkan rata-rata pasien BPJS di RSUD mencapai 3000 ribu orang per bulan. Diakui pihak BPJS saat ini membatasi tanggungan penyakit yang dibiayai, salah satunya operasi mata. Jumlah pasien yang dioperasi dijatah 15 orang per bulan dari semestinya yang dioperasi mencapai 30-40 orang.

Selain itu bagi pasien BPJS diterapkan rujukan berjenjang, rujukan pasien harus melalui kelas rumah sakit tipe C dan tidak bisa langsung ke RSUD tipe b. Dampaknya RSUD Tripat kebanjiran pasien pascaberlaku kebijakan ini. Pasien boleh langsung ke rumah sakit dengan tipe lebih tinggi, namun harus melalui jalur umum.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Lombok Barat  I Wayan Sumarjana mengakui semestinya jatuh tempo pembayaran klaim tanggal  4 dan 5 Oktober. Namun pihaknya masih menunggu droping dana dari pusat. “Kami masih nunggu dropingan dana dari pusat,” ujarnya.

Upaya yang dilakukan pihaknya untuk memaksimalkan pembayaran iuran BPJS, pihaknya gencar turun ke lapangan mengimbau ke masyakarat. Sebab ia mengaku masih banyak peserta mandiri yang menunggak. (her)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional