Tumpukan Sampah Dekat Pasar Selak Belum Tertangani

Mataram (Suara NTB) – Tumpukan sampah masih kerap terjadi di TPS yang ada di dekat Pasar Selak, Bertais, Kecamatan Sandubaya. Kendati Dinas Lingkungan Hidup (LH) telah menempatkan dua unit kontainer di TPS tersebut, tumpukan sampah di sepanjang sekitar 500 meter masih terjadi. Dikonfirmasi terkait persoalan ini, Kepala Dinas LH Kota Mataram, Irwan Rahadi mengatakan tingginya volume sampah di TPS itu menyebabkan pengangkutan tak bisa rampung dilakukan dalam satu hari.

Tiap hari pengangkutan tetap dilakukan pihaknya. Karena keterbatasan jumlah armada, pengangkutan khusus di TPS itu tak bisa maksimal. Untuk itu saat ini pihaknya sedang mengatur regulasi terkait operasional armada pengangkut sampah.

Iklan

Irwan mengatakan kendati pengangkutan tetap dilakukan tiap hari, sampah tetap menumpuk karena warga masih tetap membuang sampah ke sana.

“Jadi untuk dimaklumi, volume (sampah) Pasar Selak itu satu hari itu bisa sampai 5 ton. Satu hari lho,” katanya, Selasa, 28 Februari 2017.

Setelah pihaknya melakukan pembersihan di transfer depo Lawata dan Karang Taliwang, petugas pengangkut akan bergerak ke TPS Pasar Selak untuk mengangkut tumpukan sampah di sana dan selanjutnya ditampung sementara di transfer depo.

Untuk mengangkut sampai habis sampah di TPS yang berada di pinggir jalan itu, dibutuhkan delapan unit dump truck. Sementara armada yang dimiliki pihaknya hanya 30 unit. Jika delapan truk hanya ditugaskan mengangkut sampah di Pasar Selak, maka di tempat lain tak bisa terlayani. “Sekarang terangkut, siangnya sudah terisi lagi,” jelasnya. Sampah di TPS itu menurut Irwan tak hanya dari pedagang pasar dan warga Kota Mataram, tapi juga dari daerah lain seperti Lombok Timur.

Irwan mengakui pihaknya hanya bisa mengangkut sampai bersih sampah di TPS itu dalam waktu tiga hari. Seperti yang dilakukan pekan lalu. “Tiga hari yang lalu sudah bersih. Sekarang numpuk lagi,” jelasnya. Untuk mengawasi warga yang membuang sampah di luar jadwal, Dinas LH tak menempatkan satgas di sekitar TPS itu. (ynt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here