TTG Nasional Digelar, Mataram Siapkan Brosur Wisata

Mataram (suarantb.com) – Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional yang akan digelar di NTB berpusat di Kota Mataram. Para peserta TTG dari seluruh daerah di Indonesia akan berkumpul di Kota Mataram pada tanggal 22-26 November mendatang. Diperkirakan akan hadir 4 ribu peserta dalam acara tersebut, termasuk kedatangan Presiden RI, Joko Widodo.

Kesempatan besar ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi Kota Mataram. TTG Nasional dengan ribuan pengunjung dari seluruh Indonesia dimanfaatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Mataram sebagai ajang promosi pariwisata. Pemkot Mataram akan memperkenalkan berbagai kesenian, kerajinan, pernak-pernik, budaya dan tempat wisata yang ada di Kota Mataram.

Iklan

Kepala Disbudpar Kota Mataram, H. Abdul Latif Nadjib mengatakan telah mempersiapkan brosur pariwisata yang akan diberikan kepada peserta TTG. Begitu pula persiapan-persiapan atraksi kesenian tradisional akan ditampilkan dalam acara pembukaan TTG.

Atraksi kesenian berupa tari kolosal akan dibawakan 300 penari. Tari yang dibawakan merupakan tari kreasi atau modifikasi dari gerakan tari Beriuk Tinjal yang dikolaborasikan dengan gerak-gerak lainnya yang menggambarkan Kota Mataram sebagai kota yang maju, religius, dan berbudaya.

“Nanti akan dibawakan oleh adik-adik kita sebanyak 300 orang, di acara pembukanya,” ujarnya, Rabu, 16 November 2016.

Selain itu, Disbudpar juga mengagendakan wisata kota menggunakan BRT yang baru-baru ini dioperasikan. Dalam agenda wisata kota, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Mataram. Dengan menumpang BRT, peserta akan dibawa berkeliling Kota Mataram di sela-sela kegiatan TTG.

Memanfaatkan kehadiran peserta TTG Nasional ini, Festival Mentaram pun diagendakan bersamaan dengan jadwal TTG, yaitu pada tanggal 24-26 November. Festival Mentaram ini merupakan salah satu agenda tahunan Disbudpar Kota Mataram sebagai ajang promosi wisata. Dengan demikian, kunjungan wisatawan ke NTB, khususnya Kota Mataram diharapkan meningkat pasca pelaksanaan TTG Nasional dan Festival Mentaram tersebut. (rdi)

  Kabupaten Bima Darurat Covid-19, Bupati Minta Warga yang Kontak 10 Pasien Positif Melapor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here