Truk Pengangkut Telur ke Lotim Dihadang Peternak

Sweeping truk pengangkut telur di jalan raya Mataram-Lombok, Paokmotong, Kamis, 16 September 2021.(Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Harga telur ayam ras di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) anjlok. Harga saat ini Rp33 ribu/trai. Kondisi ini membuat kesal sejumlah peternak. Pada Kamis, 16 September 2021, para peternak yang tergabung dalam Asosiasi Ayam Petelur Berayan Al-Kautsar Lombok Timur melakukan sweeping truk pengangkut telur dari pulau Jawa dan Bali.

Sweeping dilakukan di jalan raya Paokmotong Kecamatan Masbagik. Semua truk ekspedisi yang dicurigai mengangkut telur dipaksa berhenti dan periksa. Ditemukan ada satu truk  pengangkut telur dan langsung di minta putar balik. Aksi nekat melarang telur luar daerah masuk Lotim ini karena dinilai merusak harga jual telur di Lotim.

Iklan

“Hari ini, hari pertama kita melakukan sweeping,” ungkap ketua Asosiasi Ayam Petelur Berayan Lotim, Lalu Sapoan. Ketua  Asosiasi ini mengaku di gudangnya ribuan trai telur menumpuk dan belum laku dijual. Menurutnya, harga jual telur dari Jawa dan Bali ini kisaran Rp31 ribu/trai. Hal ini jelas jauh lebih rendah dari harga jual di Lotim.

“Jika mengikuti harga jual telur dari Jawa – Bali tersebut para peternak akan gulung tikar,” ucapnya. Peternak ayam petelur di Lotim ini mengaku tidak akan mampu bersaing dengan telur-telur dari Jawa dan  Bali. Harga jual telur di Lotim ini lebih mahal karena harga pakan juga mahal .

 Kenaikan harga pakan ini tidak sebanding dengan harga jual. “Gimana kita tidak merugi, harga pakan tinggi harga telur justru turun,” keluhnya. Kecurigaan utamanya adalah karena masuknya telur dari Jawa dan Bali sehingga membuat peternak di Lotim coba beraksi.

Tidak sedikit peternak ayam ini melelang telur seharga Rp33 ribu per trai. Menurutnya, jika harga pakan seperti sekarang peternak baru bisa untung dengan nilai jual Rp35 ribu – Rp36 ribu per trai. Akan tetapi, jika harganya di bawah itu katanya sudah pasti merugi.

Para peternak berharap  pemkab Lotim membuat regulasi melindungi peternak lokal agar tidak mengalami kerugian. Saat ini, peternak lokal sudah mampu memenuhi kebutuhan telur masyarakat Lotim. (rus)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional