Tropicana Slim Ajak Masyarakat Waspadai Diabetes

Mataram (suarantb.com) – Bertepatan dengan peringatan Hari Diabetes Sedunia, Tropicana Slim kembali menggelar kegiatan “Hands4Diabetes” yang merupakan tahun ketiga di 2016 ini. Pelaksanaan “Hands4Diabetes” 2016 dilaksanakan serentak di 39 kota di Indonesia mulai dari Aceh, Medan, Siantar, Batam, Padang, Padang Sidempuan, Rantau Prapat, Pekanbaru, Pangkal Pinang, Jambi, Lampung, Palembang, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Serang, Cilegon, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang, Surabaya, Bali, Lombok, Pontianak, Barabai, Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan, Sampit, Bontang, Tarakan, Samarinda, Manado, Makassar hingga Ambon.

pose
“Hands4Diabetes” merupakan kegiatan tahunan Tropicana Slim dengan tujuan untuk menyadarkan masyarakat Indonesia akan pentingnya pencegahan diabetes sedini mungkin. Sekaligus menunjukkan solidaritas kepada penderita diabetes (diabetesi) di Indonesia.

Iklan

Berdasarkan riset kesehatan dasar 2013, terjadi peningkatan prevalensi penderita diabetes di Indonesia dari 5,7 persen (2007) menjadi 6,97 persen. Dimana, dua dari tiga diabetesi tidak sadar bahwa dirinya menderita diabetes. Hal tersebut cukup menjadi alasan, mengapa diabetes dengan komplikasi menjadi penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia, umumnya disebabkan adanya keterlambatan penanganan.

Kali ini, warga Kota Mataram juga mendapatkan edukasi tentang penyakit diabetes dari Tropicana Slim bertempat di Pantai Loang Baloq, Minggu, 13 Nopember 2016. Dalam acara yang berlangsung sejak pukul 07.00 WITA, masyarakat yang hadir di Pantai Loang Baloq diajak melakukan senam tera dan disediakan stan pengecekan gula darah gratis. Stan ini dipenuhi pengunjung yang tertarik mengetahui kadar gula darah dalam tubuhnya.

Ini memang menjadi tujuan utama Tropicana Slim yaitu membantu masyarakat dalam pencegahan diabetes sedini mungkin. Dan mendorong masyarakat untuk mengubah pola hidup, terutama bagi mereka yang masuk ke dalam kategori prediabetes (masih tahap berisiko).

senam
Dalam acara ini, pengunjung diedukasi tentang kadar gula darah normal dalam tubuh dan jumlah konsumsi gula yang tepat agar terhindar dari diabetes. Gula darah yang normal adalah kurang dari 140 mg/dl. Di sisi lain seorang prediabetes memiliki kandungan gula dalam darah 140-199 mg/dl. Dan seorang diabetesi gula darah dalam tubuhnya lebih dari 200 mg/dl.

Salah seorang pengunjung yang melakukan tes, Sunarni mengaku acara ini sangat bermanfaat. Terlebih lagi, ia bisa melakukan cek gula darah gratis. Hasil yang diperoleh Sunarni mengejutkan, kadar gula darahnya mencapai 200 mg/dl. Ia tak menyangka akan masuk dalam daftar penderita diabetes. Walau demikian, wanita asal Labuapi ini berterima kasih karena bisa mendeteksi kemungkinan terkena diabetes lebih dini setelah mengikuti tes tersebut.

“Tadi saya sudah cek, hasilnya 200 mg/dl. Saya terkejut tahu gula darah saya segitu. Tapi saya senang, karena sudah tahu lebih dini,” ucapnya.

Tropicana Slim Brand Manager, Noviana Halim menyebutkan kegiatan “Hands4Diabetes” ini merupakan bentuk konsistensi Tropicana Slim dalam menginspirasi masyarakat luas akan pentingnya menyadari pencegahan penyakit diabetes sedini mungkin.

“Bagi mereka yang terdeteksi positif mengidap diabetes, kami juga memberikan sesi konsultasi kesehatan secara gratis. Sehingga mereka dapat mencari tahu langkah terbaik untuk menjaga kestabilan gula darahnya,” jelasnya.

handss
Selain pengecekan gula darah, Tropicana Slim juga mengajak masyarakat berpartisipasi menunjukkan solidaritas kepada diabetesi. Ini dilakukan dengan pemberian petisi “Hands4Diabetes” melalui cap tangan di 39 titik di Indonesia. Setiap petisi yang terkumpul setara dengan nilai donasi sebesar Rp 1.000 per cap tangan. Tahun ini, petisi “Hands4Diabetes” dari seluruh Indonesia mencapai angka sekitar 17.500 cap tangan. Konversi dana petisi tersebut akan disalurkan melalui Komunitas Sobat Diabet untuk melakukan aksi edukasi dan pencegahan diabetes di berbagai wilayah di Indonesia.

Marketing Promotion Executive Area NTB, Vito Dwiki Jhalu mengaku masyarakat sangat antusias dengan kegiatan “Hands4Diabetes”, dilihat dari ramainya pengunjung yang ingin melakukan cek gula darah. Selain itu, mereka juga bisa mendapatkan penjelasan tentang langkah yang diambil setelah didiagnosa menderita diabetes.

“Sebenarnya masyarakat tidak perlu panik jika didiagnosa terkena diabetes. Yang perlu dilakukan hanya mengubah pola hidup dan kurangi konsumsi gula. Dan perbanyak konsumsi makanan mengandung kromium, seperti sayuran,” terangnya.

Untuk masyarakat yang ingin memulai hidup sehat harus mengurangi konsumsi gula. Tropicana Slim telah menyiapkan solusi dengan menghadirkan produk-produk rendah kalori dan bebas gula. Bagi penderita diabetes yang ingin tetap menikmati makanan manis, tanpa cemas kadar gula darah akan naik. Produk Tropicana Slim Sweetener bisa dipilih sebagai alternatif pengganti gula. Kandungan gula dalam produk ini nol persen, jadi patut dikonsumsi penderita diabetes. Mari cegah diabetes untuk hidup sehat lebih lama. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here