Triathlon HK Endurance Challenge, Magnet Penarik Wisatawan ke Gili

Peserta HK Endurance Challenge saat menikmati suasana lomba di Gili Air, kemarin. (Suara NTB/ari).

PEMERINTAH Lombok Utara optimis event triathlon HK Endurance Challenge akan menjadi magnet masuknya wisatawan mancanegara ke tiga Gili. Oleh karena itu, gelaran World Superbike (WSBK) bulan November mendatang harus disikapi dengan persiapan matang oleh Pemda KLU.

‘’Kita optimis, kegiatan ini jadi trigger pariwisata untuk bangkit pascapandemi. Kita pilih renang dari Pantai Sira ke Gili Air diharapkan memicu ekonomi pariwisata khususnya Gili Air ikut bergerak,’’ ujar Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto Ridawan, ST. M.Eng., jelang start atlet di Gili Air, Minggu, 17 Oktober 2021.

Iklan

Wabup juga meminta, jelang gelaran MotoGP dilaksanakan setiap tahunnya di Sirkuit Mandalika, Triathlon Challenge yang melibatkan atlet dari berbagai negara dapat dihadirkan kembali di masa yang akan datang. Sehingga, Triathlon Challenge sebisa mungkin masuk dalam kalender event pemerintah – kolaborasi pusat, provinsi dan kabupaten – dengan BUMN atau perusahaan swasta.

‘’Ke depan ini bisa dijadikan sebagai kalender event pariwisata di daerah. Lombok Utara tak hanya menjual alam saja, tetapi juga sport challange. Sport tourism harus dijadikan salah satu daya tarik tersendiri,’’ ungkap Danny.

Sebelumnya, peserta Triathlon HK Endurance Challenge sudah disambut Pemda Lombok Utara pada Jumat, 15 Oktober 2021, di Hotel Tugu, Sire, Kecamatan Tanjung. Dalam gala dinner itu, Bupati KLU, H. Djohan Sjamsu, SH, menerima tamu HK Endurance sembari makan malam bersama.

Sekjen Federasi Triathlon Indonesia, Brigjen TNI Erwin Septiansyah, pada kesempatan opening ceremony di Gili Air mengatakan, atlet yang terlibat pada HK Endurance Challenge ini berasal dari 18 negara di 5 benua. Ramainya animo peserta menunjukkan minat wisata terhadap Indonesia sangat tinggi.

Erwin menjelaskan, terlaksananya triathlon di Gili Air merupakan wujud kolaborasi sukses dari berbagai pihak yang terlibat, khususnya BUMN, PT. Hutama Karya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dan Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Utara.

‘’Ini menunjukkan pada dunia kita siap. Lombok khususnya, siap untuk dikunjungi wisatawan,’’ kata Erwin.

Triathlon HK Endurance Challenge merupakan rangkaian acara menyambut World Superbike di Sirkuit Mandalika. Para atlet sudah berenang sejauh kurang lebih 2 km membelah laut Sire – Gili Air.

Selanjutnya, atlet akan menjajal Rute sepanjang 100 km dari Pantai Sire, Desa Sigar Penjalin (Tanjung) menuju Mataram kemudian finis di Mandalika.

‘’Dilanjutkan dengan lari sepanjang 21 km. Semoga kegiatan ini bisa terus dilanjutkan,’’ harap Erwin.

Sementara, Direktur Operasi I, PT. Hutama Karya, Novias Nurendra mengatakan HK hadir memulihkan ekonomi melalui sektor pariwisata dengan kehadiran para atlet triathlon dari berbagai negara. Event ini diyakini mampu menarik minat kunjungan ke dalam negeri, terlebih partisipasi peserta triathlon mencapai 100 orang.

HK mengemas rangkaian lomba Endurance Challenge dengan berbagai tantangan. Yakni renang, sepeda dan lari. Pemenang akan memperoleh hadiah masing-masing, Juara I Rp25 juta, juara II Rp20 juta, dan juara III mendapat Rp15 juta.”Formatnya begitu, renang setelahnya bersepeda dan lari,” ucapnya.

Novias menyebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda NTB terkait pengawalan peserta di sepanjang rute lomba, baik laut dan darat. Pihaknya juga menyiapkan water station di sepanjang titik untuk mengurangi risiko dehidrasi. Pun demikian, kendaraan pengawalan tenaga kesehatan juga berjaga di titik yang telah ditentukan.

‘’Tadi ada yang dari Brazil, Honduras, Latvia, Amerika, dan Inggris semua ada.’’

‘’Mereka senang dengan kegiatan ini, saya kira kita bisa menunjukkan Lombok siap menerima wisatawan,’’ pungkasnya. (ari)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional